Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Wahono. (ist)

Bintan, Lendoot.com – Menikah dua kali tidak dilarang dalam Islam, namun jika tidak mendapat persetujuan isteri yang sah, maka bisa berakibat hukum.

Ini terjadi pada seorang pria, Har diamankan Reskrim Polsek Bintan Utara Polres Bintan. Har diduga melakukan tindak pidana pernikahan yang kedua tanpa persetujuan istri yang sah, Sabtu (12/02/2021).

Berdasarkan laporan isteri, DSS (23), polisi bertindak. Berbekal bukti buku nikah yang dibawanya saat melapor, akhirnya laporan ditindaklanjuti polisi.

Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono melalui Kapolsek Bintan Utara, Kompol Suharjono mengatakan, penangkapan dilakukan personil Unit Reskrim Polsek Bintan Utara.

Anggota polisi langsung meluncur ke lokasi pesta pernikahan di Jalan Manggar, Gang Abdul Karim, Kampung Sakerah, Tanjung Uban, Bintan Utara.

Dengan perundingan yang alot dan diberikan penjelasan kepada tersangka dan istri baru tersangka, akhirnya tersangka Har dibawa ke Polsek Bintan Utara untuk mengikuti proses penyidikan.

“Saat dilakukan penangkapan juga diamankan barang bukti yaitu dua buah buku nikah atas nama tersangka dan NP yang merupakan istri baru tersangka,satu buah KTP atas nama tersangka. Satu buah kartu undangan pernikahan antara tersangka dengan NP,” ungkap Kompol Suharjono dalam keterangan tertulisnya.

Atas perbuatannya, disampaikan Kapolsek Bintan Utara, tersangka berinisial HAR saat ini terancam dengan pasal 279 ayat (1) ke – 1 K.U.H.Pidana, dengan ancaman pidana 7 tahun penjara. (*/doy)