sosialisasi penerapan protokol kesehatan serta pembagian masker kepada masyarakat pesisir dan nelayan di Kelurahan Pasir Panjang, Selasa (10/11/2020). (ist)

Lendoot.com, Karimun – Pos Angkatan Laut (Posal) Takong Hiu jajaran Lanal Tanjungbalai Karimun (TBK) mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan serta pembagian masker kepada masyarakat pesisir dan nelayan di Kelurahan Pasir Panjang, Selasa (10/11/2020).

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan pembagian masker gratis dilakukan sebagai bentuk mendukung Pemerintah Kabupaten Karimun memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kini semakin mengalami peningkatan.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M.Tr Opsla melalui Danposal Takong Hiu Letda Laut (S) Syahrudin mengatakan, dalam sosialisasi penerapan masker tersebut pihaknya menekankan kepada nelayan dan masyarakat pesisir untuk disiplin dalam penerapan Protokol Kesehatan.

“Ini dalam rangka penegakan disiplin terhadap penyebaran Covid-19. Sosialisasi yang kita laksanakan ini, kita tekankan kepada nelayan dan masyarakat pesisir untuk selalu menerapkan 3M dalam menjalankan aktifitasnya,” kata Letda Syahrudin, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, melihat penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi di Kabupaten Karimun, maka diperlukan peningkatan sosialisasi akan protokol kesehatan, guna memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Masyarakat harus paham dulu, sehingga kita lakukan sosialisasi. Pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 ini tentunya harus didukung masyarakat agar dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada para nelayan untuk mengikuti anjuran Protokol Kesehatan dan menghindari jalur Internasional selat Malaka saat melaut dan tebar jaring.

Selain itu, instruksi Danlanal Tanjungbalai Karimun, menghimbau kepada nelayan sebelum berlayar agar memperhatikan cuaca. jika cuaca buruk, diminta untuk menunda bepergian hingga cuaca aman.

“Jika dalam pelayaran cuaca buruk, agar berlindung di perairan aman. Kapal maupun Speed boat juga diminta agar dilengkapi peralatan Navigasi, serta membawa alat keselamatan berlayar seperti Life jacket dan Pelampung dan HP aktif guna komunikasi cepat,” katanya.

Sosialisasi dan pembagian masker ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Posal dan Posmat jajaran Lanal Tanjungbalai Karimun atas intruksi langsung dari Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi.

Sebelumnya, ditemui dalam sebuah kegiatan, Danlanal menyatakan pihaknya akan membagikan 4.000 masker untuk mendukung pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Karimun.

“Hari ini seluruh jajaran kita akan turun langsung membagikan masker kepada masyarakat. Kita fokuskan dibagian laut, seperti Nelayan dan masyarakat pesisir,” katanya. (rko)