Bupati Karimun Aunur Rafiq. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun akan menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal untuk masyarakat umum, Rabu (19/5/2021).

Vaksinasi massal itu gratis untuk masyarakat dengan target realisasi vaksin mencapai 20 ribu jiwa. Rencananya, vaksinasi gratis itu akan digelar Vihara Budha Diepa Jalan Nusantara Kelurahan Tanjungbalai Karimun.

“Kita akan menggelar vaksinasi secara massal mulai hari rabu mendatang,” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (18/5/2021).

Rafiq mengatakan, ketersediaan vaksin di Karimun saat ini berkisar 2.000 vial dan targetnya akan menyasar 20ribu jiwa.

“Namun, jika stok vaksin kita habis. InsyaAllah, bapak Gubernur Kepri mengatakan akan memberi tambahan untuk Kabupaten Karimun, bahkan hingga 50 ribu juga bisa Pemprov sediakan,” katanya.

Rafiq menjelaskan, secara persentase pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karimun masih tergolong rendah. Dengan vaksinasi massal ini, pihaknya mendorong dapay meningkatkan persentase vaksinasi itu.

“Kita kejar target 20-30 persen penduduk Karimun. Oleh karena itu, kita akan manfaatkan momentum vaksinasi massal ini dengan baik,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun dapat ikut vaksinasi massal itu dengan datang secara mandjri di Puskesmas- Puskesmas wilayah Karimun.

“Masyarakat saya imbau untuk datang secara mandiri ke masing-masing Puskesmas untuk mengikuti vaksinasi ini,” tegasnya.

Selain itu. Rafiq juga meminta kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran akan protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M.

“Saya juga mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan gerakan 5 M diantaranya, selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak aman minimal 1 meter dan membatasi mobilisasi dan interaksi,” katanya. (rko)