Makam Keramat Layang di Pulau Kundur. (haanaapi,blogspot.com)

Dari sekian banyak penginggalan situs makam bersejarah di Pulau Tanjung Batu, Makam Keramat Layang merupakan makam yang cukup terkenal. Tak heran jika di makam ini menjadi salah satu makam yang dituju orang sebagai tempat meminta karena dianggap dikeramatkan.

Letak Makam Keramat Layang terletak di dekat pemukiman penduduk setempat. Letaknya tepat di sisi kiri jalan jika kita mengarah ke Kundur Kota. Dari jalan langsung nampak makam dengan dominasi tembok warna kuning pekat yang beratapkan seng. Bangunan makam ini diperkirakan seluas 12×11 meter persegi.

Di atas kayu peyangga terpampang tulisan Makam Keramat Layang. Suasana misteri tidak terlalu terasa sebab dekat sekali dengan keramaian jalan raya yang jaraknya hanya satu meter dari dinding makam.

Sebelum memasuki ruang makam, dari luar sudah terlihat jelas ada dua makam di bangunan tersebut. Ketika memasuki ruang makam akan terlihat dua nisan yang memiliki bentuk berbeda. Satu makam berbentuk pipih dan satu makam lagi berbentuk gada berukir.

Konon menurut cerita dari warga sekitar dan menurut Buku Sejarah Daerah Kabupaten Karimun, dua makam itu merupakan makan sepasang sejoli, laki-laki dan perempuan. Sayangnya, hingga saat ini mengenai ketokohan si mpunya makam tersebut belum terungkap jelas asal-usulnya.

Kendati demikian, Makam Keramat Layang ini menjadi tempat yang dikeramatkan sebagian masyarakat Tanjung Batu. Ketika Tribun memasuki ruang makam terlihat ada makanan ringan dan buah-buahan diletakan sisi batu nisan. Makanan tersebut sering warga sekitar menyebutnya sebagai sesajian.

“Di sini ada saja orang yang datang untuk meminta-minta. Dikeramatkan istilahnya. Yah ada yang membawa sesajian seperti yang ada di dekat nisan itu. Yah, tujuannya ada yang meminta rejeki, kesehatan dan macam-macam lah,” kata seorang warga memaknai arti sesajian tersebut. (muhdsarih-bersambung)