Salah satu makanan khas Melayu Karimun, mie lendir. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Karimun menjadi tempat tujuan para wisatawan asing atau mancanegara karena kota ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, Singapura dan  Malaysia.

Selain menawarkan wisata alam yang eksotis di beberapa tempatnya, bermacam kekhasan Budaya Melayu-nya juga masih cukup kental.

Jika Anda mengunjungi Tanjung Balai Karimun atau sering disebut sebagai bumi Berazam, maka Anda perlu yang namanya mencicipi makanan khas daerah ini, yang belum tentu dapat Anda jumpai di daerah lainnya di Provinsi Kepri.

Cita rasa makanan khas Karimun tidak terlepas ke-Melayu-annya. Jadi, Jika Anda berkunjung ke kota ini, rasanya kurang lengkap jika mencicipi berbagai macam kuliner khas daerahnya.

Berikut enam macam pilihan kuliner yang menjadi makanan Khas Tanjung Balai Karimun yang kami rangkum dari keseharian masyarakat Karimun konsumsi dan banyak dijajakan di berbagai tempat di kota ini:

Lontong Paha

Anda dapat mencicipi lontong paha ini untuk menu sarapan pagi. Makanan khas ini disebut lontong paha karena untuk seporsi lontong akan ditambah potongan paha ayam gulai. Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa minta potongan ayam untuk bagian lain seperti dada atau sayap.

Lontong ini bertambah nikmat karena di beri topping sambal kacang kering dan juga ikan bilis. Untuk rasa, lontong paha yang satu ini tidak usah diragukan lagi dikarenakan perpaduan masakan minang dan melayu yang sangat kaya akan rempah-rempah.

Untuk menikmati seporsi lontong paha ini, anda juga dapat menambahkan beberapa potongan tahu, labu, serta sayur buncis.

Lendot

Makanan khas di Tanjung Balai Karimun yang juga unik lainnya yaitu Lendot. Lendot adalah masakan yang terbuat dari bahan dasar bayam dan kangkung serta dapat dicampuri dengan bahan-bahan lainnya seperti udang, cumi, dan ikan.

Makanan yang satu ini memiliki kuah bertekstur sedikit kental seperti makanan berkuah pada umumnya. Kuah yang kental dan seperti lem ini terbuat dari sagu yang telah ditambahkan sehingga akan terlihat seperti lendir, itu yang membuat makanan ini disebut dengan lendot oleh masyarakat Tanjung Balai Karimun.

Makanan unik ini akan semakin nikmat karena ditambah dengan sambal terasi dan dipadukan dengan nasi hangat.

Mie Siam

Anda bisa menikmati makanan khas di Tanjung Balai Karimun yang terbuat dari mie yang disebut mie siam kuning.

Makanan ini merupakan mie kuning yang terbuat dari bahan dasar soun yang diberi kuah tauco sehingga membuatnya semakin menarik dan menggugah selera untuk dicoba.

Sebagai pelengkap, biasanya mie siam kuning ini ditambah dengan berbagai campuran lain seperti telur, udang, touge, tahu putih dan juga timun.

Mie Lendir

Selain mie siam kuning, makanan khas Tanjung Balai Karimun lain yang juga berbahan dasar mie ialah mie lendir.

Makanan ini dibuat menggunakan mie kuning atau mie lidi sama seperti makanan yang berbahan dasar mie lainnya. Namun, yang membuat mie lendir ini menjadi khas adalah kuah yang cukup kental dan dipadukan dengan bahan lain seperti ubi jalar dan juga kacang tanah sehingga membuat masakan ini terasa lebih nikmat.

Mie yang satu ini disebut mie lendir karena memiliki kuah dengan tekstur kental sehingga terlihat seperti lendir, namun jangan khawatir, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Nasi Lemak

Anda tidak boleh melewatkan makanan yang disebut nasi lemak yang berada di Tanjung Balai Karimun ini. Nasi lemak ini menjadi makanan yang sangat khas karena untuk lauk pauk yang digunakan untuk membuat nasi lemak ini sangat mengikuti kultur sebagai daerah mayoritas melayu yang sulit didapatkan di daerah lain.

Untuk topingnya sendiri, nasi lemak yang satu ini menggunakan ikan bilis, daging rendang, telur yang dibelah menjadi dua, ikan asin kering dan yang tak kalah menarik yaitu sambal belacan. Topping inilah yang membuat keunikan tersendiri dari nasi lemak khas Tanjung Balai Karimun ini.

Mihun Seafood

Makanan khas Tanjung Balai Karimun yang terakhir dapat kalian cicipi adslah Mihun Seafood. Makanan yang satu ini dimasak dengan cara digoreng menggunakan kecap asin dan manis, kemudian disiram menggunakan kuah kental.

Makanan ini berisi aneka macam campuran seafood seperti ikan, bakso ikan, cumi dan udang. Berbagai macam kenikmatan rasa akan anda dapatkan ketika mencicipi makanan yang satu ini.

Untuk menambah kelezatan makanan ini, kalian bisa menambahkan potongan cabai rawit yang sudah direndam menggunakan kecap asin. (*/can)