Danlanud RSA saat melakukan penempelan stiker tanda dibukanya kembali akses jalan Adi Sucipto oleh masyarakat. (dani)

Natuna, Lendoot.com – Komandan Lanud Raden Sadjad (RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, mengadakan sosialisasi pembukaan akses Jalan Lanud RSA bagi warga masyarakat sekitar di Rumah Pantai Lanud RSA, Sabtu 28 Mei 2022.

Ini dilakukan sebelum terbukanya kembali akses Jalan Adi Sucipto Lanud Raden Sadjad yang menghubungkan Desa Penagi dengan Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Ranai Kota, Kabupaten Natuna.

Dibatasi Jalan tersebut tentang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di lingkungan TNI-AU terkait pandemi Covid-19 diseluruh wilayah Indonesia tahun 2020 lalu.

Danlanud RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan, menyampaikan kegiatan sosialisasi pembukaan Jalan ini untuk masyarakat harus kita padukan agar semuanya merasakan keberkahan dan kepentingan bersama terhadap akses jalan Lanud RSA.

Lebih lanjut Danlanud RSA mengatakan bahwa, Acara ini sekaligus untuk kita bisa bersilaturahmi kepada para sahabat semua warga kota Ranai Natuna.

“Insyaallah akses Jalan akan kita buka kembali namun ada beberapa yang akan saya sampaikan terkait sosialisasi apa aturan yang akan kita terapkan,” ujarnya.

Selain membuka akses jalan, Danlanud juga akan membuka akses fasilitas olahraga di Lanud RSA bagi masyarakat Natuna.

  Danlanud RSA mengingatkan kepada masyarakat, pada saat jalan Lanud sudah dibuka agar masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” tambah Danlanud RSA.

Semenjak akses jalan Lanud ditutup, warga Penagi menuju Kota Ranai di malam hari melewati jalan Desa Pering yang rawan akan tindak kejahatan seperti begal motor dan kejahatan lainnya.

Untuk itu, demi memberikan kenyamanan dan keselamatan masyarakat kota Penagi yang ingin beraktifitas dimalam hari, Danlanud RSA akhirnya memberikan akses melintasi jalan Lanud kepada warga masyarakat.

Sementara itu, Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, mengapresiasi kepada Danlanud RSA atas kebijakan dalam memberikan akses jalan kepada warga untuk melintas Lanud, sehingga masyarakat tidak jauh lagi melambung menuju Desa Penagi.

Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar, menyampaikan kepada warga masyarakat bahwa Lanud RSA sudah memberikan ruang gunakanlah sebaik mungkin .

“Mari kita nikmati dengan tetap menjaga koridor yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut salah satu pengusaha Kota Ranai Bapak Cucu juga terima kasih atas akan dibuka akses jalan Lanud RSA.

Bapak Cucu menyarankan untuk truk membawa muatan barang agar tidak melintasi jalan tersebut karena akan merusak ruas jalan.

Sedangkan Ketua RW mewakili warga Desa Penagi turut memberikan apresiasi dengan diberikan akses jalan kepada warganya.

Dalam rangka pembukaan akses Jalan Adi Sucipto Pangkalan TNI AU Raden Sadjad untuk kegiatan sosial masyarakat Kota Ranai Kabupaten Natuna diberlakukan pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB dan pukul 18.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB dibuka terbatas hanya untuk kegiatan sosial dan ibadah masyarakat Kota Tua Penagi, kemudian pada pukul 22.00 – 06.00 tertutup untuk umum.

Bagi pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat wajib mematuhi perintah atau larangan yang ditetapkan dengan rambu lalu lintas jalan.

Diakhiri acara sosialisasi Danlanud RSA memasangkan stiker melintasi Lanud RSA di kendaraan Dinas Sekda Natuna dan dilanjutkan Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, memasangkan stiker di salah satu kendaraan pick up milik toko bangunan di Ranai Natuna. (dan)