Karimun, Lendoot.com – Kondisi Pelabuhan Alai, Kecamatan Ungar cukup memprihatinkan dan bisa membahayakan calon penumpang yang hendak menyeberang antarpulau melalui pelabuhan itu.

Hal itu disebabkan kondisi tiang penyangga jrmbatan penghubung ponton yang telah patah dan ditakutkan akan ambruk serta menimpa warga.

Kondisi patahnya tiang penyangga jembatan penghubung ke dermaga itu diketahui sejak Minggu (16/1/2022) sore. Hal itu diharapkan segera mendapatkan penanganan pihak terkait agar tidak memakan korban.

“Harapan kami pemerintah dan Dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan dapat segera mengatasi. Patahnya tiang penyangga jembatan penghubung ponton baru diketahui sore kemarin. Jadi masyarakat yang akan menggunakan pelabuhan tentu merasa sangat khawatir dengan kondisi ini,” kata salah seorang masyarakat Ungar, Zaidi, Senin (17/1/2022).

Ia menyebutkan, selain kondisi tiang penyangga, lantai ponton pelabuhan juga sudah sangat memprihatinkan karena alami kerusakan cukup parah, begitu juga bagian atap.

“Harus segera diperbaiki. Jangan sampai ada korban jiwa,” katanya.

Menurutnya, memang di Pulau Ungar terdapat dua pelabuhan sebagai sarana jalur penyeberangan atau akses menuju Tanjungbatu, yakni Pelabuhan Alai di Kelurahan Alai yang kondisinya kini memprihatinkan, dan Pelabuhan Sungai Buluh Desa Sungai Buluh. Sehingga masyarakat punya dua pilihan untuk menyeberang.

Namun pelabuhan paling ramai digunakan yakni di Pelabuhan Alai, karena akses terdekat serta penduduk terpadat berada pada pelabuhan tersebut.

Sementara itu, Camat Ungar, Suzandra ketika dikonfirmasi terkait kerusakan pelabuhan ponton di Kelurahan Alai, mengaku akan segera melaporkan kondisi yang terjadi kepada Dinas terkait. Agara dapat segera diperbaiki.

“Akan saya cek dulu, sekarang saya sedang dalam perjalanan menuju Ungar,” ucap Suzandra dengan singkat.(rko)