Ilustrasi Tower BTS. (Foto : Google.com)


Karimun, Lendoot.com – Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) gesa pembangunan infrastruktur Base Transceicver Station (BTS) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Rencananya akan ada 5 BTS akan segera dibangun, 2 diantaranya dalam progres pembangunan, sementara 3 akan menyusul tahun 2023.

Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan mengatakan, dua BTS yang dalam progres pembangunan antara lain terletak di Kecamatan Karimun dan Kecamatan Selat Mi.

“Untuk Kecamatan Karimun sudah selesai, sedangkan untuk Selat Mi masih progres, sekitar 40 persen,” kata Hasan dalam kunjungannya di Karimun baru- baru ini.

Ia menyebutkan, untuk BTS di Kecamatan Karimun itu merupakan Provider XL, sementara di Selat Mi milik Bakti.

“BTS di Karimun tinggal On Air saja,” kata Hasan.

Terkait pembanguban 3 BTS lainnya, Hasan menyebut bakal dibangun pada tahun 2023 mendatang. Hal itu berdasaekan dari pertemuan Gubernur Kepri dengan Kominfo Pusat.

“Saya sudah lapor kepada Bupati Karimun memang usulannya ada 5 BTS untuk 2022, mudah-mudahan sisanya dibangun tahun depan. Kemarin saya dan gubernur sudah pertemuan dengan Kominfo membahas hal itu agar segera terealisasi,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pembangunan BTS di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) akan terus digesa Kominfo agar masyarakat bisa menikmati jaringan telekomunikasi yang berkualitas.

“Mudah mudahan di akhir tahun ini, target dari 77 BTS di wilayah Kepri bisa rampung,” katanya. (rko)