Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) (triptrus.com)

Pekan Baru, Lendoot.com – Anda pernah berkunjung ke Pekan Baru, Provinsi Riau?  Yang ada di Kabupaten Karimun biasanya ke Pekan Baru untuk tujuan pekerjaan atau perjalanan bisnis.

Atau, sebagian besar lainnya, Pekan Baru merupakan kota persinggahan masyarakat di Kepulauan Riau, untuk tujuan balik kampung atau mudik.

Nah, ketika ke kota ini, tak ada salahnya mengisi waktu perjalanan Anda dengan singgah ke tempat-tempat wisata yang ada. Jangan khawatir, dompet Anda tidak akan terkuras, sebab wisata ini bebas biaya masuk, alias gratis.

Berikut ini ada lima destinasi menarik dan gratis di Kota Pekanbaru. Wajib Anda kunjungi bersama keluarga tercinta saat kebetulan berkunjung ke provinsi bekas Provinsi Kepulauan Riau ini.

Lima distinasi tersebut adalah Rumah Singgah Sultan Siak, Ruang Terbuka Hijau (RTH), RTH Putri Kaca Mayang, RTH Tunjuk Ajar Integritas, Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji, dan Hutan Kota.

Berikut lima destinasi wisata gratis di Kota Pekanbaru:

1. Rumah Singgah Sultan Siak

Rumah Singgah Sultan Siak (cagarbudayapekanbaru.my.id)

Rumah Singgah Sultan atau yang lebih dikenal rumah mertua Tuan Kadhi adalah situs cagar budaya. Berkaitan dengan sejarah Kota Pekanbaru dan Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Lokasi Rumah Singgah Sultan di Jalan Perdagangan, Kampung Bandar Senapelan. Berada di bawah Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau Jembatan Siak 3.

Dulunya kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi ini merupakan sebuah kampung di tepi Sungai Siak yang bernama Senapelan. Inilah kampung cikal bakal Kota Pekanbaru sebelum bertransformasi menjadi Kota Metropolitan seperti sekarang ini.

2. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang (mediacenter)

Lokasi destinasi ini tepat berada di samping Premiere Hotel Pekanbaru dan bersebelahan dengan tugu air mancur ikan selais, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Di RTH ini sudah memiliki amenitas lengkap. Seperti toilet, fasiltas bermain anak-anak hingga dewasa, perpustakaan mini, dan fasilitas teater terbuka.

Meski fasilitas ini gratis untuk pengunjung, namun orang yang datang wajib mengikuti aturan yang telah tetapkan pemerintah setempat, yakni ikut menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan lingkungan.

Putri Kaca Mayang salah satu tempat favorit masyarakat Kota Pekanbaru untuk bersantai di tengah kota. Luas kawasan RTH ini mencapai 1 hektare.

Pengunjung juga bisa datang ke RTH ini melalui Jalan Sumatera. Sore dan malam hari adalah waktu yang pas jika anda ingin bersanti menikmati suasana RTH ini.

3. RTH Tunjuk Ajar Integritas

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas terletak di Jalan Ahmad Yani Kota Pekanbaru. Tepat berada di sebrang rumah dinas Wali Kota Pekanbaru.

Destinasi ini merupakan satu di antara RTH favorit yang sering dikunjungi oleh masyarakat Kota Pekanbaru untuk bersantai. Berbagai fasilitas juga tersedia di RTH ini, mulai dari area teater, tempat bermain anak, toilet dan beberapa lainnya.

RTH ini juga menjadi satu di antara tempat wisata gratis. Sejumlah orangtua kerap membawa buah hati mereka untuk bermain di kawasan ini.

4. Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai)

Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru. Warga setempat juga menyebut destinasi ini dengan nama Purna MTQ.

Lokasi ini juga kerap menjadi tempat untuk berkumpul komunitas-komunitas yang ada di Kota Pekanbaru atau di Provinsi Riau .

Di kawasan Bandar Serai juga terdapat anjungan rumah adat, seperti Anjungan Kabupaten Pelalawan , Anjungan Indragiri Hilir, Anjungan Kabupaten Kampar, Anjungan Kabupaten Indragiri Hulu , dan Anjungan Rokan Hilir.

Selain itu, di kawasan tersebut juga ada gedung megah berarsitektur melayu, yaitu Anjungan Seni Idrus Tintin.

Sesuai dengan peruntukanya, Anjungan Seni Idrus Tintin adalah tempat berbagai kesenian ditampilkan. Mulai dari pertunjukan musik, tari, teater dan berbagai pagelaran serta pertunjukan lainnya.

Di kawasan Bandar Serai, pengunjung yang datang tanpa dibebankan biaya tiket masuk dan bebas kutipan uang parkir.

5. Hutan Kota

Destinasi wisata ini lokasinya berada di Jalan Thamrin, bersebelahan dengan komplek rumah dinas Gubernur Riau.

Hutan Kota ini menyajikan suasana rimbun pepohonan. Sehingga di waktu pagi hari, udara segar bisa dinikmati di tempat ini.

Sejumlah komunitas joging di Kota Pekanbaru memanfaatkan fasilitas Hutan Kota untuk aktifitas olahraga sekaligus ajang silaturahmi.

Demikian 5 rekomendasi destinasi wisata gratis untuk berekreasi bersama keluarga atau kerabat di pusat Kota Pekanbaru. (*/msa)