Jakarta, Bundaran HI. (tangkapan layar YouTube)

Sebagai ibu kota negara Republik Indonesia, Jakarta adalah kota metropolitan luas yang terdiri dari sekitar 10 juta penduduk yang memiliki beragam latar belakang suku bangsa dari seluruh penjuru Indonesia.

Pada siang hari, keramaian akan bertambah seiring dengan mobilitas penduduk yang beraktifitas di ibu kota dan akan kembali pulang ke rumah menjelang senja hari.

Terletak di barat laut Pulau Jawa, Jakarta banyak berkembang pesat hingga melibatkan banyak desa yang disulap menjadi bagian dari kota Jakarta. Bahkan Jakarta sekarang terkenal dengan konglomerasi desa. Jalan kampung tak lagi setapak namun berubah menjadi jalan utama dan jalan raya yang besar.

Saat Anda berkendara di jalanan Jakarta, jangan terkejut bila tiba-tiba terjebak di antara kerumunan motor dan mobil yang merajai jalanan di Jakarta.

Dikutip dari website kemenkraf.go.id, kota megapolitan ini akan membuat Anda sering menggunakan bantuan GPS sebagai navigasi saat berkendara di jalanan Jakarta yang ramai.

Tak hanya menjadi pusat pemerintahan nasional dan pemerintahan provinsi, Jakarta juga menjadi pusat politik Indonesia serta pusat keuangan dan perdagangan nasional.

Itu yang membuat Jakarta menjadi kota yang dinamis dan membuat hampir semua aktivitas penduduk Jakarta berlangsung sepanjang waktu.

Jakarta di bagi menjadi 5 kabupaten, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Jakarta juga punya lima kota-kota besar yang ada sekitar wilayah ibu kota dengan istilah Jabodetabek atau Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Saat berada di Jakarta Pusat,  Anda dapat menemukan bangunan ikon-ikon jakarta yang sangat artistik, seperti Monas, Istana Merdeka, Museum Nasional, Masjid istiqlal, Katedral Jakarta dan Monumen Selamat datang yang lebih dikenal sebagai Bundaran HI.

Tak hanya bangunan ikon Jakarta, pusat perbelanjaan dan hotel-hotel bergengsi juga terletak di jantung kota Jakarta ini. Andabisa menemukan hiburan yang menyenangkan di sini selama 24 jam penuh!

Jika Andamenginginkan tempat hiburan lengkap untuk keluarga, wilayah Jakarta Utara bisa menjadi tujuan pada akhir pekan depan. Taman Impian Jaya Ancol, menawarkan berbagai hiburan seperti Dufan, Seaworld, Taman Petualangan Air Atlantis, Ecopark, Pasar Seni dan berbagai pilihan untuk wisata kuliner.

Apabila Andaingin berlibur ke laut dan pantai yang menenangkan, kamu bisa menyeberang dengan kapal dari teluk Ancol menuju Kepulauan Seribu. Lebih dari 10 pulau di sini dapat Anda kunjungi, namun pulau yang terkenal adalah Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Macan yang memiliki pondok penginapan pribadi yang bisa membuat Andaberenang di laut lepas sesaat setelah bangun dari tidur di pagi hari. Sangat menyenangkan!

Jakarta Barat, Jakarta Timur dan juga Jakarta Selatan merupakan kawasan perkantoran yang letaknya bersebelahan dengan kawasan pemukiman, fasilitas umum dan pusat perbelanjaan yang banyak tersebar. Di kawasan Jakarta Barat, Anda bisa juga menemukan tempat warisan bersejarah, tepatnya di Museum Fatahillah. 

Kawasan Museum ini lebih dikenal dengan nama Kota Tua, dimana Andadapat menikmati bangunan peninggalan kolonial dan juga berkeliling dengan sepeda. Tak hanya itu, Jakarta Barat juga punya tujuan ikonik yang diberi nama Museum Macan. Di dalam museum ini banyak disajikan hasil karya seni kontemporer termasuk hasil karya seni Yayoi Kusama.

Saat berada di Jakarta Timur, Andadapat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah untuk melihat-lihat miniatur pulau-pulau di Indonesia beserta rumah adat tradisional dan melihat berbagai ragam budaya di seluruh Indonesia.

Jika ingin mengenal lebih dekat budaya Betawi, Andabisa kunjungi kawasan Budaya Setu Babakan di Jakarta Selatan. Rumah adat tradisional Betawi, museum dan kegiatan-kegiatan seni budaya seperti tarian tradisional dan juga musik tradisional sering digelar di kampung budaya ini.

Bahkan wisata kuliner khas Betawi, seperti kerak telor dan bir pletok juga dapat Andajumpai di sini. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membuat miniatur ondel-ondel yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta.

Bagi Andapecinta kuliner, tidak sulit untuk menemukan tempat wisata kuliner yang banyak tersebar di kota Jakarta. Begitu juga dengan kedai-kedai kopi yang menjamur dan bisa Andanikmati untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Apalagi kalau Andaingin makan gado-gado, nasi goreng, soto bahkan rendang, semuanya tersedia di Jakarta!

Kota yang Tak Pernah Tidur

Suasana ramai dan semarak akan terasa saat perayaan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Pemukiman penduduk, terutama di Jakarta, akan dihias dengan nuansa merah dan putih sesuai dengan warna bendera Indonesia. Tak hanya itu, sejumlah permainan tradisional ikut menyemarakkan perayaan kemerdekaan Indonesia, seperti lomba balap karung dan juga lomba panjat pinang yang menjadi ikon perlombaan saat perayaan kemerdekaan Indonesia.

Cara Menuju ke Sana

Jalur Udara

Ada dua bandara yang ada di Jakarta. Bandara internasional Soekarno-Hatta menjadi bandara terbesar di Indonesia. Sedangkan Bandara Halim Perdana Kusuma melayani beberapa penerbangan domestik.

Jalur Darat

Jakarta terhubung langsung dengan jalur darat ke beberapa kota besar di Jawa. Bus dan kereta api merupakan transportasi darat yang dapat dipilih untuk menuju Jakarta. Saat berkunjung ke Jakarta, Andabisa menyempatkan diri berkunjung ke Bogor untuk menikmati Kebun Raya atau berwisata ke Puncak. Jika senang bermain di Pantai, kunjungi Pantai Anyer Carita di Banten untuk menghabiskan waktu liburan.

Jalur Laut

Pelabuhan tersibuk di Jakarta adalah Pelabuhan Tanjung Priok yang ada di Jakarta Utara. Genting Dream Cruises, kapal pesiar dari Singapura sudah berencana membuka jalur menuju ke Jakarta. Untuk Andayang ingin berlibur mewah, ini bisa menjadi pilihan yang tepat!

Berkeliling Jakarta

Jika ingin berkeliling kota Jakarta, menyewa mobil, taksi atau dengan memesan paket wisata bisa jadi pilihan yang terbaik. Tapi, Andajuga harus bersiap untuk menghadapi kemacetan jalan di Jakarta terutama pada jam sibuk di kawasan bisnis bahkan di Kota Tua.

Untuk itu disarankan memilih hotel atau tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata ataupun tempat pertemuan bisnis. Jarak tempat-tempat wisata di Jakarta kadang terasa jauh dikarenakan kemacetan yang ada di perjalanan. (*/msa)