Iwan Fals saat menceritakan latar belakang lagu Ujung Aspal Pondok Gede. (instagram)

Lendoot.com – Orang Indonesia pasti kenal Iwan Fals. Musisi legendaris Indonesia ini beken dengan lagu-lagu baladanya. Salah satunya, lagu Ujung Aspal Pondok Gede.

Di akun instagram @Iwanfals, pemilk nama asli Virgiawan Listanto ini mengungkapkan cerita di balik lagu Ujung Aspal Pondok Gede  yang masih sangat popular di benak pecintanya.

“(Ini) ujungnya aspal. Sekarang saya tinggal. Ini perbatasannya Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi,” ungkapnya tentang judul lagunya ditambahkan kata ujung aspal itu.

Sementara mengenai lirik lagunya, Iwan Fals melanjutkan bahwa lagu itu tercipta dari kondisi masyarakat peralihan, dari desa menjadi kota seperti sekarang ini.

“Kalau soal cerita lagunya sendiri, ya tentang peralihan saat itu. Dari desa yang beralih menjadi kota.”

“Jadi konflik-konflik atau, persoalan-persoalan dan sebagian persoalan itu ada di  Ujung Aspal Pondok Gede ini,” jelas Iwan Fals yang mengenakan Tshirt warga biru sembari menyandang gitar akustiknya.

Usai menceritakan latar belakang terciptanya lagu Ujung Aspal Pondok Gede, Iwan Fals lalu memainkan gitarnya dan menyanyikan beberapa lirik lagunya tersebut.

“..Nama dusunku, Ujung Aspal Pondok Gede. Rimbun dan anggun, murah senyum penghuni dusun…”  dalam petikan chird gitarnya. ***