Penyaluran lifr jacket sempena Harhubnas 2022 oleh KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Senin (19/9/2022).

Karimun, Lendoot.com – Peringatan Hari Perhubungan Nasional, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun melaksanakan kampanye keselamatan berlayar dengan membagikan life jaket kepada penguna jasa kelautan di Karimun, Senin (19/9/2022).

Bantuan life jacket itu diberikan kepada penyedia jasa angkutan laut antar pulau atau pengemudi boat pancung di pelantar Belakang Beringin dan Gabion.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP kelas I Tanjungbalai Karimun, Adi Affandi, mengatakan bahwa pihaknya selalu memperhatikan unsur-unsur dalam keselamatan berlayar.

“Kampanye keselamatan berlayar ini terus kami lakukan, sejalan dengan memberikan bantuan berupa life jacket. Keselamatam berlayar ini faktor utama yang harus diperhatikan,” kata Adi.

Ia mengatakan, kampanye keselamatan berlayar juga harus menjadi perhatian bagi penyedia jasa angkutan yang besar dengan selalu melengkapi alat keselamatan.

Pihaknya juga secara rutin, terus melakukan pengawasan terhadap kapal- kapal yang akan berlayar dengan selalu memeriksa kelrngkapan keselamatan.

“Kami selalu memeriksa terlebih dahulu, bagi yang belum memenuhi persyaratan tersebut, KSOP belum memberikan surat izin untuk berlayar,” katanya.

Ia berharap, kampanye keselamatan berlayar dapat terus terlaksana, guna mengurangi resiko- resiko yang bisa membahayakan pelayaran. (rko)