Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dorong Pulau Kundur, Kabupaten Karimun menjadi Sentra Pertanian di Provinsi Kepulauan Riau.

Dorongan itu didasari Pulau Kundur yang merupakan daerah yang terkenal dengan hasil pertaniannya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat melakukan panen bersama Sekolah Lapang Inovasi Teknologi Produksi Lipat Ganda di Tanjungberlian, Kundur Utara baru- baru ini mengatakan, pulau Kundur merupakan kawasan yang memiliki lahan subur dan cocok ditanami oleh berbagai komoditi.

“Maka, kita bersama-sama akan tetapkan itu, kalau sudah ditetapkan kita harus konsisten mendorong Pulau Kundur menjadi sentral pertanian andalan kita di Kepri,” kata Gubernur Kepri.

Ansar menjelaskan bahwa, Pulau Kundur merupakan sentra sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga, pihaknya akan memberikan program-program terbaik di dua hal tersebut.

“Pulau Kundur ini sentra sayuran dan buah-buahan, kita memprogramkan apapun harus kita kaitkan dengan potensi pasar kedepannya,” jelasnya.

Ansar mencontohkan, salah satu komoditi pertanian di Pulau Kundur yang harus dikembangkan untuk kebutuhan pasar adalah Durian Musang King.

Durian Musang King, kata Ansar, adalah salah satu komoditi andalan Indonesia untuk diekspor ke manca negara seperti ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Di China (RRT) banyak warganya mau Durian Musang King, maka kita dorong pengusaha-pengusaha di Pulau Kundur untuk mengembangkan Durian ini karena sekarang jumlahnya belum begitu banyak, untuk kebutuhan di Batam saja mungkin masih kekurangan, maka kita dorong Durian Musang King ini supaya bisa dikembangkan,” ujarnya.

Ansar juga menyebutkan, ia telah memiliki strategi salah satunya memberikan bantuan kepada petani untuk mewujudkan pulau Kundur sebagai Sentra Pertanian di Kepri.

“Untuk petani tentu pola-pola bantuan seperti Bibit dan Pupuk, tetapi tentu petani yang menerima adalah mereka yang benar benar berkomitmen dan sungguh-sungguh,” kata Ansar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Karimun, Sukriyanto mengatakan, Pulau Kundur memang daerah yang dikenal dengan hasil pertaniannya karena merupakan kawasan hortikultura.

Pulau Kundur yang terdiri dari 3 kecamatan ini juga merupakan daerah yang dijadikan skala prioritas pengembangan pertanian di Kabupaten Karimun.

“Berdasarkan zona pengembangan wilayah di Kabupaten Karimun, Pulau Kundur itu dijadikan skala prioritas untuk sektor pertanian,” kata Sukriyanto, Senin (29/11/2021).

Pasalnya, kata dia, tiga kecamatan di Pulau Kundur merupakan daerah dengan aktifitas pertanian terbanyak di Karimun.

“Selain karena tanahnya yang subur, Pulau Kundur ini memang terbanyak aktifitas pertaniannya. Bahkan, dari total 380 kelompok petani yang ada di Kabupaten Karimun, 70-80 persen nya ada di Pulau Kundur,” katanya. (rko)