Karimun, Lendoot.com – Angin puting beliung atau waterspout yang menerjang kawasan Coastal Area, Minggu (20/6/2021) sore, mengakibatkan kerugian ratusan juta.

Fenomena alam itu memporak- porandakan kawasan Coastal Area termasuk lapak pedagang dan sebuah cafe. Atap-atap, serta meja- meja alami kerusakan cukup parah, akibat terjangan angin itu.

Pemilik Cafe Budi Sufjan menceritakan, sekitar 90 persen area cafe miliknya alami kerusakan yang parah. Ia mengaku, akibat peristiwa itu, ia mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Kerugian sekitar Rp 350 juta, yang berat itu atap sama sound system basah semuanya,” kata Budi ketika dihubungi, Senin (21/6/2021).

Ia menyebutkan, saat peristiwa itu terjadi dirinya tidak sedang berada di lokasi. Namun, menurutnya ia sempat merasakan perasaan yang tidak enak ketika itu.

“CCTV cafe connect ke hape saya, pas lihat angin kuat, saya sudah mulai khawatir. Kebetulan saya lagi di kantor,  saya telepon pengurusnya buat ingatkan tapi tidak diangkat, pas saya ke sana, benar kejadian,” kata Budi.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Karimun bersedia ikut membantu perbaikan dikarenakan gedung cafetaria miliknya merupakan milik Pemkab Karimun yang ia sewa.

“Interior mungkin saya yang perbaiki, atap, jendela karena gedungnya milik pemkab saya harap dibantu perbaikannya,” kata Budi.

Budi juga menyebutkan, saat kejadian tersebut Cafe itu sedang ada kegiatan. Namun, beruntung orang- orang dalam kegiatan itu bisa menyelamatkan diri dan tidak ada korban jiwa.

“Saat itu posisinya lagi acara makan-makan, untung mereka cepat keluar, pas atap terangkat mereka sudah berada di luar cafe, sehingga tak ada korban jiwa, alhamdulilah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Angin Puting Beliung menerjang sejumlah gedung di kawasan Coastal Area, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Minggu (20/6/2021) siang.

Fenomena alam itu kembali terjadi dan mengacak- acak stand pedagang dan satu cafe tepat di bagian kiri Coastal Area.

Salah satu pihak pengamanan, Syahrul mengatakan, angin puting beliung atau waterspout itu menerjang Coastal Area sekira pukul 14.15 Wib, dan disertai hujan lebat.

“Angin puting beliung muncul dari laut cukup besar dan langsung mengarah ke darat yang kemudian menerbangkan asbes-asbes dan merusak satu cafe dan sejumlah stand pedagang,” katanya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja sejumlah lapak pedagang di kawasan Coastal Area porak- poranda di sapu angin puting beliung.

“Tidak ada korban jiwa, hanya saja sejumlah atap beterbangan dan orang-orang di sekitar lokasi langsung menyelamatkan diri,” katanya.(rko)