Rachmadi, Kepala Dinas Kesehatan Karimun. (ricky)

Karimun, Lendoot.com – Angka penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan. Saat ini, diketahui ada 10 kasus positif aktif yang ditemukan di Karimun.

Atas peningkatan kasus itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi meminta kepada masyarakat untuk tidak panik.

“Jangan terlalu panik, cukup waspasa dan selalu menjaga kesehatan serta Protokol Kesehatan. Selain itu, apabila sakit cukup istrahat di rumah dan menggunakan masker,” kata Rachmadi.

Sebanyak 10 pasien positif aktif yang saat ini tercatat di Dinkes Karimun, tiga diantaranya sedang menjalani perawatan di RSUD Muhammad Sani, sementara lainnya isolasi mandiri.

Rachmadi menyebutkan, kasus Covid- 19 di Karimun sempat di angka 13 kasus, akan tetapi lima diantaranya telah sembuh dan ada penambahan dua kasus baru per 18 November.

Rachmadi juga meminta masyarakat yang mengalami gejala-gejala COVID-19 agar dapat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat atau mengisolasikan diri di rumah.

“Intinya jika kita memprotek diri kita dengan vaksin dan menjaga kesehatan insyallah akan baik-baik saja. Namun, bagi yang sakit sebaiknya di rumah saja atau jika sudah mulai parah dibawa kerumah sakit untuk diperiksa,” katanya.

Berdasarkan data Dinkes Karimun, sampai hari ini pihaknya telah mencatat sebanyak 6436 kasus Covid-19 ditemukan di Karimun, 2.644 diantaranya telah dinyatakan sembuh, 182 orang meninggal dunia dan 10 orang masih menjalani perawatan.

Sementara untuk angka kasus tertinggi Covid-19 di Karimun banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Meral dengan jumlah kasus 1554.

(rko)