Kepri, Lendoot.com – Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memberikan bantuan subsidi terhadap penerbangan perintis di Kepri.

Hal tersebut agar penerbangan perintis antarpulau di Kepri tetap eksis.

Permintaan tersebut disampaikan Cen Sui Lan pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

“Dalam RDP ini saya meminta bagaimana Kemenhub bisa memberikan bantuan subsidi bagi penerbangan perintis di Kepri,” kata Cen Sui Lan, kemarin.

Dalam RDP itu, Cen Sui Lan menjelaskan, bahwa saat ini, cukup banyak maskapai penerbangan yang tergolong perintis, tidak beroperasi lagi.

Padahal, penerbangan pesawat perintis itu diperlukan untuk daerah-daerah tertentu. Terutama antarpulau, atau antardaerah yang masih memiliki bandara dalam ukuran kecil.

“Kalau diharapkan subsidi penerbangan atau pesawat perintis itu dari pemerintah daerah, dari mana pemda mencarikan uang untuk subsidi penerbangan perintis itu,” jelas Cen Sui Lan.

Kementerian Perhubungan, kata Cen Sui Lan, mesti memperhatikan maskapai penerbangan perintis.

“Kemenhub jangan hanya memperhatikan perbaikan atau pembangunan bandar udara saja, tapi tidak ada penerbangan (maskapai). kemenhub juga harus memperhatikan airline-airline di airport perintis,” tegasnya. (ami)