Bupati Karimun Aunur Rafiq. (ist)

Karimun, lendoot.com- Kabar baik datang dari Buoati Karimun, Aunur Rafiq, dimana pada pedagang dapat berjualan dengan pesan di tempat.

Hanya saja, untuk pelayanan makan atau minum di tempat tersebut masih berskala 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, para pengusaha rumah makan, restoran dan kedai kopi, dapat berjualan kembali pada Senin (7/6/2021) lusa.

Hal tersebut dilakukan Pemerintah Daerah untuk menimbang perputaran perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Kita menimbang permasalahan ekomoni masyarakat, sehingga senin depan, Rumah makan, restoran, kedai kopi, kita buka kembali dengan pelayanan 50 persen,” ucap Rafiq, Sabtu (5/6/2021).

Pembatasan 50 persen tersebut ialah dapat menyedialan meja dan kursi yang masih terbatas bagi yang makan atau minum di tempat.

Sementara itu, Rafiq juga mengaku bahwa kebijakan tersebut juga mendapat penolakan, terkhusus di wilayah yang zona merah.

Namun, dengan melihat kondisi masyarakat yang terpuruk dengan masalah ekonomi, Rafiq percaya bahwa masyarakat dapat bekerja sama untuk saling menjaga.

“Tapi saya katakan kondisi masyarakat hari ini sangat membutuhkan dan masalah ekonomi harus kita perhatikan sama hal ya dengan penanganan Covid-19,” ujar Bupati.

Sementara itu, untuk Tempat Hiburan Malam yang hingga kini juga tutup, akan kembali dibuka sesuai dengan surat edaran, yaitu tanggal 10 Juni 2021 mendatang.

Sama halnya dengan tempat wisata yang juga ikut terimbas dengan penutupan akibat melonjaknya kasus Covid-19.

“Penanganan Covid-19 dapat berjalan dengan baik dengan adanya kerja sama dan peran aktif masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan,” kata orang nomor satu di Karimun itu. (Cl7)