Ilustrasi vaksin. (google.com)

Tanjung Pinang, Lendoot.com – Setelah hampir satu bulan lebih mengalami kekosongan vaksin Covid-29, Provinsi Kepri kembali tersedia vaksin untuk warganya yang belum melaksanakan vaksin.

Kepastian itu di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Bisri. “Bulan Oktober akan datang vaksin Pfizer dari pusat,” katanya seperti dikutip dari sijoritoday, Senin (3/10/2022).

Bisri mengaku belum mengetahui jumlah dosis vaksin Pfizer yang akan dikirimkan pusat. “Belum tahu berapa yang datang, pusat yang punya catatan berdasarkan capaian vaksinasi kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Sirajudin Nur meminta pemerintah menghapuskan antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan.

Menurutnya, kewajiban antigen dan PCR akan memberatkan masyarakat sementara stok vaksin habis di seluruh daerah.

“Mengenai kewajiban antigen dan PCR ini sebaiknya di tiadakan dulu, kan nggak mungkin kita membatasi aktivitas warga yang belum vaksin, sementara vaksinnya tidak tersedia,” pintanya, Kamis (22/9/2022) lalu.

Sirajudin juga meminta Dinas Kesehatan Kepri mendesak pusat untuk mempercepat pengiriman stok vaksin Covid-19.

Ia menyarankan agar vaksin baru di prioritaskan untuk kelompok masyarakat berisiko tinggi terpapar Covid-19 seperti lansia, tenaga kesehatan, dan petugas publik.

“Kita minta Dinkes Kepri aktif mendesak pemerintah pusat untuk mengirimkan vaksin ke Kepri. Presiden juga sudah mewanti-wanti ke Kemenkes agar mempercepat distribusi vaksin ke daerah,” pintanya. (*/nue)