Banner Parade Pencak Silat memeriahkan HUT Kabupaten Karimun. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Dalam rangkat turut memeriahkan HUT ke-23 Kabupaten Karimun, Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Karimun menggelar parade silat di Coastal Area, Minggu (2/9/2022) Pukul 07.00 WIB.

“Kita estimasi sebanyak 700 pendekar dari berbagai perguruan silat yang  ada di Kabupaten Karimun turut andil memeriahkan Parade Pencak Silat ini,” ujar Supriadi, Ketua IPSI Kabupaten Karimun kepada Lendoot.com, Sabtu (1/9/2022).

PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), kata Supriadi, menjadi pengisi acara utama yang juga diikutkan juga oleh seluruh perguruan silat yang tergabung dalam IPSI Kabupaten Karimun.

Supriadi mengatakan pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan Parade Silat ini salah satunya memperkenalkan bahwa pencak silat adalah tradisi adalah budaya asli Indonesia.

“Pesannya bahwa pencak silat adalah tradisi, jati diri bangsa Indonesia yang luhur yang nengajarkan kita menjadi manusia yang baik, berbudi pekerti dan taat kepada Tuham Yang Maha Esa,” terangnya.

Pencak silat, tambahnya, juga salah satu pioneer penyumbang emas memeprsatukan dari berbagai etnis dan budaya di Indonesia. (msa)