Prajurit TNI AL dari Kompi Komposit Marinir Natuna sedang melakukan Ranpur, kemarin, /mediakepri

Lendoot.com, Natuna – Perawatan dan Pemeliharaan Kendaraan Tempur (Ranpur) dilaksanakan prajurit Kompi Komposit Marinir Natuna di Mako Jalawira Kompi Komposit Marinir Natuna, Setengar, Selasa 21 September 2021.

Ranpur adalah kunci kesiapan tempur. Pengecekan dan inspeksi tersebut dipimpin langsung Komandan Peleton (Danton) Arhanud, Letda Marinir Susilo Dwi Handoyo.

Perawatan Ranpur dimulai dengan pengecekan body, kesiapan mesin, oli, rangkaian penggerak, kelistrikan, alat komunikasi, peralatan pendukung serta perlengkapan pengawak di masing-masing kendaraan tempur.

Komandan Kompi Komposit Marinir Natuna, Mayor Marinir Teguh Pristiyanto DS, mengungkapkan pengecekan kendaraan tersebut guna memastikan kesiapan Ranpur yang dimiliki Kompi Komposit Marinir Natuna.

Akhir-akhir ini, situasi Laut Natuna Utara, Kepri ‘memanas’ danh perlu penjagaan ketat dari TNI AL.

Penjagaan keamanan laut pun perlu juga dari negara tetangga yang berhadapan langsung dengan laut yang kaya SDA itu.

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura melakukan latihan perang bersama (Latma) yang berpatroli di Laut Natuna.

Baca Juga! Lima PMI ke Malaysia Diamankan Tim Sea Scouts Sapolairud Polres Karimun

https://lendoot.com/lima-pmi-ke-malaysia-diamankan-tim-sea-scouts-sapolairud-polres-karimun/


Dikutip dari Zonajakarta.com, Dansatgas Latma Eagle Indopura 2021, Letkol Laut (P) Adam Tjahja Saputra menjelaskan latihan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan para peserta baik dari TNI AL dan Republic Singapore Navy (RSN).

“Karena itu Pangkoarmada II meminta agar Satgas menunjukkan yang terbaik pelaksanaan latihan, sebab latihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama antara kedua negara di bidang kelautan. Beliau percaya latihan ini akan meningkatkan hubungan bilateral serta memberikan nilai positif yang akan menjaga stabilitas keamanan di wilayah Asia Tenggara,” ujar Adam seperti dikutip dari koarmada2.tnial.mil.id oleh zonajakarta.com.

Sementara itu, Ranpur dilakukan di atas, selain untuk menghadapi kemungkinan terjadinya perang, ini memang dilakukan secara berkala sebagai bentuk perawatan alat tempur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid 19.****

Artikel ini telah tayang di MEDIAKEPRI.co dengan judul Jaga Kesiapan Tempur, Prajurit Kompi Komposit Marinir Natuna Laksanakan Perawatan Ranpur

https://www.mediakepri.co/kepri/pr-1031271248/jaga-kesiapan-tempur-prajurit-kompi-komposit-marinir-natuna-laksanakan-perawatan-ranpur