MenPAN RB Tjahyo Kumulo. /

Lendoot.com, Jakarta – Terbitnya Surat Edaran (SE) nomor 26 Tahun 2021 menjelaskan aparatur sipil negara (ASN) dilarang mengambil cuti selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Dari laman web KemenPAN RB, Menteri Pemberdayaan Aparatu Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) secara resmi memberlakukan larangan tegas tersebut.

Surat edaran ini berisi tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi Aparatur Sipil Negara Selama Periode Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

SE yang ditandatangani Men PAN-RB Tjahjo Kumolo itu menyatakan, ASN tidak boleh mengambil cuti, berlibur, atau mudik selama masa Nataru.

Meski demikian, masih ada tiga kelompok ASN yang dikecualikan dalam aturan ini, seperti yang diatur dalam bagian Isi Edaran huruf a poin (2) bagian a.

Ada 3 kelompok ASN yang dikecualikan dalam aturan ini, yaitu:

1. Pegawai ASN yang bertempat tinggal dan bekerja di instansi yang berlokasi di dalam satu wilayah aglomerasi yang akan melaksanakan tugas kedinasan di kantor, seperti Mebidangro, Jabodetabek, Bandung Raya, Jogja Raya, Solo Raya, Kedungsepur, Gerbangkertosusila, maupun Maminasata.

2. Pegawai ASN yang melaksanakan perjalanan ke luar daerah dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan yang telah memperoleh Surat Tugas yang ditandatangani pejabat pimpinan tertinggi (Eselon II) atau Kepala Kantor Satuan Kerja.

3) Pegawai ASN yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dengan terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian di lingkungan instansinya.

Larangan ini berlaku mulai tanggal 24 Desember sampai 2 Januari 2022.

Di masa ini pula pemerintah melaksanan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia.(msa/***)