Gedung Sate, salah satu sudut Kota Bandung dengan bus wisatanya. (kemenkraft.go.id)

Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat, Indonesia. Bandung menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Secara kepadatan kota ini merupakan kota terpadat ke-2 di Indonesia setelah Jakarta dengan kepadatan penduduk mencapai 15.051/km2. Kota ini terletak 140 km sebelah Tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan.

Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Kota Bandung Berbatasan dengan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat di Barat dan Utara, dan Kabupaten Bandung di Timur dan Selatan.

Bandung memiliki sejuta pesona yang selalu membuat wisatawan terpana. Mulai dari tempat wisata berbasis alam, destinasi rekreasi kekinian, hingga kuliner dan tren fesyen bisa Sahabat Lendoot temui di Ibu Kota Jawa Barat ini.

Bandung seringkali menjadi destinasi tujuan rekreasi singkat di hari libur maupun akhir pekan. Bersama teman, keluarga, atau sendirian, selalu ada tempat seru dan menyenangkan yang bisa ditelusuri di Kota Bandung.

Suasana sejuk dan pemandangan hijau di berbagai sudut dataran tinggi di Bandung sangat cocok jadi tempat rileksasi pikiran, seperti lendoot kutip dari kemenkraf.go.id.

Sahabat Lendoot bisa mencoba berkunjung ke kebun teh asri di kawasan Ciwidey dan menikmati udara segar dengan bebas. Kalau mau destinasi yang lebih hits, menelusuri setiap sisi hutan pinus di Cikole yang cantik nan instagenic adalah jawabannya.

Selain itu, ada pula glamping seru dengan pilihan panorama alam yang menakjubkan, seperti di Lakeside Rancabali, The Lodge Maribaya, dan Trizara Resort.

Yang tak boleh ketinggalan wisata alam ke Gunung Tangkuban Perahu. Sahabat Lendoot harus menyaksikan keindahan kawah yang erat kaitannya dengan cerita rakyat Jawa Barat berjudul Sangkuriang itu.

Bandung merupakan pusat wisata, kuliner dan fesyen yang tiada duanya. Kalau Sahabat Lendoot yang ingin mencari spot foto yang manis dan penuh warna pastel yang kekinian, kunjungi saja Rabbit Town. Selain itu ada pula Bandung Amazing Art World yang menyediakan latar foto instagrammable dengan efek 3D hingga wahana Dunia Terbalik nan unik.

Untuk lokasi untuk berswafoto yang unik, maka kota ini cocok jadi tempat yang sangat tepat. Untuk Sahabat Lendoot wajib banget mengunjungi Tebing Keraton atau The Royal (Palace) Cliff, Puncak Bukit Moko, Eurad Highland Lembang, atau Stone Garden Citatah.

Nah, di Lembang juga ada pula atraksi tematis yang menarik dijelajahi tepatnya di Farm House, dan De Ranch yang hadir dengan nuansa koboi.

Mengunjungi Bandung yang cukup kental dengan budaya dan adat Sunda juga bisa menciptakan pengalaman seru mengenal musik, tarian, dan budayanya di Saung Angklung Udjo atau Rumah Angklung Udjo.

Destinasi yang mengemas berbagai unsur tradisional ini sayang banget bila dilewatkan.

Sahabat Lendoot bisa menonton orkestra anak-anak dengan instrumen tradisional atau menyaksikan penampilan tarian tradisional dan pertunjukan musik khas Sunda.

Di tempat ini, pengunjung pun bisa turut serta menjadi bagian dari orkestra angklung sembari belajar memainkan alat musik tradisional yang satu ini.

Saat sudah puas berjalan-jalan, kini waktunya wisata kuliner, Sobat Pesona! Ada banyak makanan khas Bandung yang eksistensinya kini semakin meroket.

Sebut saja aneka olahan aci seperti, baso aci, seblak, cimol, hingga cilok. Kudapan lain dengan bumbu kacang yang gurih juga cocok untuk mengganjal perut lho, misalnya batagor, siomay, kupat tahu, karedok, atau lotek.

Kalau mencari hidangan malam yang menggoyang lidah, iga bakar, cuanki, dan mie kocok khas Bandung wajib masuk dalam daftar pilihan. 

Akses ke Bandung

Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung menghubungkan Indonesia dengan sejumlah negara tetangga seperti, Air Asia yang melayani penerbangan langsung dari Kuala Lumpur di Malaysia serta Singapura ke Bandung.

Silk Air juga beroperasi untuk Singapura ke Bandung dan Malindo Air juga beroperasi dari Kuala Lumpur ke Bandung. Pada penerbangan domestik, tersedia penerbangan langsung dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandar Lampung, Bali, Surakarta, Pekanbaru, Banjarmasin, Kualanamu (Sumatera Utara), Palembang, Pontianak, Yogyakarta, Balikpapan, Batam, Makassar, dan Pangkal Pinang.

Atau Sahabat Lendoot juga bisa mendarat di Bandara Internasional Kertajati di Majalengka sebagai alternatif jalur udara yang lain. Perjalanan dari Bandara ini bisa dilanjutkan via jalur darat dengan perkiraan 2,5 jam lewat tol hingga sampai ke Bandung.

Dari Ibu Kota Jakarta, Bandung juga dapat diakses melalui jalan tol yang memungkinkan Sahabat Lendoot untuk sampai hanya dalam waktu tempuh 2,5-3 jam perjalanan, sesuai kondisi kepadatan jalur lalu lintas. Selain dengan mobil, ada sejumlah layanan minibus shuttle di berbagai titik di Jakarta yang akan membawa Sahabat Lendoot langsung ke Bandung dengan fasilitas yang menyenangkan.

Bandung juga memiliki berbagai pilihan akomodasi. Mulai dari hostel hingga hotel mewah, bisa Sahabat Lendoot pesan dengan mudah melalui agen perjalanan. (**/msa)