ilustrasi laptop untuk desainer grafis. (ist)

Seorang designer grapich (atau lebih sering disebut designer grafis) sangat membutuhkan perangkat komputer jinjing atau laptop yang mumpuni. Ini semata-mata untuk menunjang kinerjanya yang optimal.

 Bagi Anda yang tengah mencari laptop untuk mendukung kebutuhan desain grafis, sebaiknya menyimak kabar yang dikuti dari berbagai sumber ini, jadi tidak asal beli.

Sebelum membeli laptop, pahami dulu tujuan penggunaannya agar sesuai dengan kebutuhan, termasuk untuk urusan desain grafis.

Dengan pilihan yang tepat, laptop akan lebih awet, karena menggunakannya sesuai dengan kapasitasnya.

Artikel ini membagikan spesifikasi minimal yang wajib dimiliki laptop agar pekerjaan desain grafis berjalan lancar.

Jadi, seorang desain grafis idealnya, atau kalau tak berlebih kata, wajib memiliki laptop dengan spesifikasi ini:

●       HDD 500 GB

Spesifikasi minimal yang harus dimiliki laptop untuk kebutuhan desain grafis yaitu kapasitas HDD 500 GB. Seperti yang sudah diketahui, fungsi harddisk ialah untuk menyimpan data yang ada di komputer atau laptop.

Pekerjaan grafis seperti rendering dengan kebutuhan penyimpanan file yang besar tentu membutuhkan kapasitas yang mumpuni agar dapat berjalan lancar.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat harddisk agar tetap awet. Misalkan saja dengan selalu mematikan laptop dengan cara yang benar, yaitu melalui shutdown dan tidak langsung menekan tombol power. Perhatikan juga daya baterai jangan sampai laptop mati karena kehabisan daya.

Hindari membawa laptop saat masih hidup. Goncangan yang terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada harddisk karena saat laptop menyala, harddisk akan beroperasi dengan berputar sangat cepat, bahkan hingga 7500 putaran per menit.

Jaga temperatur harddisk agar tidak overheat, lakukan back up data secara berkala merupakan tindakan sederhana yang dapat menjaga harddisk tetap awet.

●       Laptop Memakai RAM 8 GB

 Spesifikasi minimal laptop yang perlu dimiliki untuk desain grafis berikutnya ialah memakai RAM 8 GB. Saat RAM yang dimiliki terlalu kecil, maka bisa berpengaruh terhadap kecepatan pemrosesan data karena RAM  memiliki berbagai fungsi vital antara lain sebagai tempat menyimpan data sementara, mempercepat pemrosesan data hingga memperlancar performa grafis.

●       Menggunakan Kartu Grafis 2 GB

Selanjutnya yaitu menggunakan kartu grafis 2 GB, mengingat salah satu fungsinya yaitu untuk menerjemahkan data grafis ke layar monitor. Tentu pekerjaan desain grafis yang membutuhkan grafis tajam perlu didukung oleh kapasitas dari kartu grafis yang mumpuni.

Kartu grafis bekerja dengan menentukan bagaimana pixel yang terdapat pada monitor akan menghasilkan gambar. Selanjutnya kartu grafis akan mengirim informasi melalui kabel.

●       CPU Minimal Laptop dengan Intel Core i5

CPU Core i5 merupakan prosesor yang dapat mendukung berbagai pekerjaan yang membutuhkan performa mumpuni, termasuk desain grafis. CPU Core i5 dapat menopang berbagai software kelas berat. Khususnya adalah laptop untuk desain grafis yang menggunakan software desain Autocad, desain 3Ds Max, desain 3D Sketchup dan lainnya.

Anda bisa memilih berbagai laptop Intel Core i5 untuk desain grafis secara online di Blibli. Tak usah khawatir karena Blibli merupakan salah satu marketplace terpercaya yang hanya menyediakan produk original.

Terdapat berbagai promo yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Selain jaminan produk ori, Blibli juga menyediakan berbagai barang untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Tips Menjaga Performa Laptop Agar Awet

Barang elektronik seperti laptop memang membutuhkan perlakuan tersendiri. Selain menjaganya agar jangan sampai jatuh, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga performa laptop tetap prima dan tidak mudah rusak, yaitu:

Hindari memakai laptop di atas kasur. Menggunakan laptop di atas tempat tidur merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan orang. Alasannya berkat rasa nyaman karena tidak perlu berpindah tempat, pengguna bisa langsung bekerja.

Namun kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena laptop yang diletakkan di atas kasur bisa menghambat sirkulasi udara sehingga suhu tinggi tidak dapat dibuang secara maksimal.

Alasan lain, debu atau partikel kecil pada kasur bisa masuk dalam sirkulasi laptop. Selain bermanfaat untuk laptop, tidak bekerja di atas kasur juga baik untuk postur tubuh Anda.

Saat bekerja di atas kasur, tentu Anda akan duduk dengan posisi sembarangan yang bila dilakukan dalam jangka waktu lama bisa berakibat fatal.

Hindari meletakkan benda di atas laptop karena bisa merusak komponen laptop seperti keyboard dan layar.

Rutin membersihkan cache setelah melakukan pemrosesan data dapat mencegah HDD penuh yang bisa menghambat kecepatan laptop. Tentu Anda tidak ingin pekerjaan desain grafis Anda terganggu bukan?

Hindari terlalu banyak multitasking dengan membuka banyak tab dalam sekali waktu. Hal ini akan mempengaruhi kapasitas RAM yaitu bisa membuatnya tidak berjalan maksimal atau berjalan lambat.

Update sistem operasi laptop secara berkala agar laptop memiliki fitur terbaru yang dapat membuatnya lebih kuat, misalnya untuk melawan virus.

Jangan biarkan laptop terus menyala karena bisa membuat laptop panas dan berbagai hardware bisa aus.

Hindari makan dan minum di dekat laptop karena berisiko akan mengenai laptop. Saat laptop terkena makanan atau minuman bisa mengakibatkan kerusakan.

Isi daya laptop sesuai dengan instruksi untuk menjaga keawetan baterai dan menghindarkan laptop dari overheat.

Nah, itulah beberapa spesifikasi minimal yang perlu dimiliki oleh laptop untuk desain grafis. Ada berbagai merek laptop yang ada di pasaran seperti Asus, Dell, Acer hingga Lenovo yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, selera serta budget Anda. (**/msa)