Karimun, Lendoot.com – Sejumlah event- event besar akan meriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 ini. Beberapa kegiatan itu akan digelar disejumlah lokasi dan dapat disaksikan serta diikuti masyarakat.

Setelah dua tahun alami kevakuman kegiatan dampak dari Pandemi Covid-19, Peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022 ini akan berlangsung meriah.

Sejumlah kegiatan akan menyemarakkan hari lahir Indonesia, dari Kegiatan Car Free Day, Gowes, festival layangan, lomba memancing dan kegiatan lainnya.

Berikut rangkuman Lendoot.com untuk event- event besar yang semarakkan HUT RI selama bulan Agustus.

Event pertama yakni Festival Jelajah Wisata digelar oleh Dinas Pariwisata Karimun pada 14 Agustus mendatang.

Jelajah Wisata Karimun merupakan kegiatan Gowes atau bersepeda santai yang akan dipusatkan di Coastal Area, Kabupaten Karimun.

Pemilihan Coastal sebagai lokasi kegiatan itu, karena dinilai lokasi itu merupakan ikon Karimun dan mudah diakses oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Dalam kegiatan itu, penyelenggara kegiatan yakni Dispar Karimun telah menyiapkan berbagai hadiah doorprize menarik, seperti 4 unit sepeda motor.

Kegiatan itu juga akan dimeriahkan penyanyi ibu kota Alfin Habib dari D’Academy 3.

Kemudian, pada hari dan lokasi yang sama, Dispar Karimun juga menggelar kegiatan Car Free Day (CFD) atau hari tanpa kendaraan yang juga dipusatkan di Coastal Area. Kegiatan itu rencananya akan dibuka oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq sejalan dengan kegiatan Jelajah Wisata.

Dilokasi CFD, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa lokasi untuk komunitas-komunitas tertentu untuk tampil, antara lain seperti komunitas gasing dan lainnya.

Selanjutnya pada hari itu, kegiatan akan ditutup dengan event Jajanan Nusantara yang ditaja oleh Dispar Karimun. Untuk kegiatan ini, akan dipusatkan di Kediaman Dinas Bupati Karimun di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Tanjungbalai Karimun.

Kegiatan Jajanan Nusantara ini merupakan Pusat Kuliner yang akan menjajakan kuliner-kuliner khas nusantara dengan bahan olahan dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Ada 14 Stand didirikan oleh Dispar Karimun yang nantinya akan menjajakan jajanan khas berbagai daerah dan bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat atau pengunjung.

Selain  itu, dilokasi itu juga akan disipakan beberapa stand untuk lokasi berjualan pedagang- pedagang di Karimun.

Selanjutnya, pada 17 Agustus mendatang, dipusatkan di kawasan Coastal Area, juga akan diselenggarakan Upacara Detik- detik Proklamasi. Terdapat kegiatan Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dan pengibaran sang Merah Putih oleh Tim Paskibraka Kabupaten Karimun.

Kemudian pada 27 dan 28 Agustus 2022, ditaja oleh Organisasi Gamawa Karimun, akan diselenggarakan festival layang-layang dan lomba memancing.

Kedua festival itu akan berlangsung di Coastal Area Karimun, tepatnya di kawasan Jembatan 2 Coastal Area. Dalam festival itu, peserta dibuka untuk umum dan pendaftaran akan dimulai pada 21 Agustus mendatang di Warkop Gamawa yang berlokasi di Jembatan Dua, Coastal Area, Sei Ayam, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. (rko)