Aneka jajanan Bali. (kemenkraf)

Lendoot.com – Ketika Anda berwisata ke Bali, tujuannya untuk mendapatkan keindahan alam dan kekayaan budayanya dan sosial masyarakatnya.

Selain tiga tujuan di atas, terkadang wisatawan terlupa dengan namanya kuliner khas Bali yang ternyata banyak diminati wisatawan saat berkunjung ke Bali.

Ternyata saat berkunjung ke Bali kita tak hanya dapat menikmati destinasi wisata alam yang indah, melainkan bisa berwisara kuliner jajanan Bali.

Dikutip dari Situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (https://kemenparekraf.go.id/), berikut lima jajanan di Bali yang direkomendasikan ketika Anda berwisata ke Bali.

Rujak Jeruk Bali

Rujak Jeruk Bali merupakan salah satu kuliner khas Bali. Kuliner ini terbuat dari olahan jeruk Bali yang disajikan bersama bumbu rujak. Rujak jeruk khas Bali memiliki rasa pedas, namun segar yang didapat dari jeruk Balinya.

Tipat Serombotan

Tipat Serombotan ini berisi tipat atau ketupat, dan sayuran yang disiram dengan bumbu sambal yang pedas menggigit. Sayuran dalam seporsi serombotab terdiri dari tauge, kangkung, pare, dan kacang panjang.

Jajan Bali atau Jaje Lukis

Camilan dari beras ketan yang dibentuk segitiga ini disebut sebagai jajan Bali atau jaje lukis. Kenyalnya ketan yang dikukus ini, disajikan juga dengan taburan parutan kelapa gurih, dan ditambahkan dengan lelehan manis dari gula merah.

Es Daluman

Es Daluman adalah minuman yang terbuat dari daun daluman yang merupakan tanaman khas Bali. Es daluman disajikan dengan santan dan gula jawa. Tak hanya menyegarkan, es daluman ini dinilai berkhasiat untuk tubuh, yaitu menurunkan tekanan darah serta sebagai bahan anti racun.

Bulung

Bulung adalah jajanan khas Bali yang terbuat dari rumput laut hijau. Jajanan ini dihidangkan dengan bumbu yang terbuat dari kuah pindang.

Terkenal akan rasanya yang lezat, bulung juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini karena bulung terbuat dari rumput laut sehingga dipercaya bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, penuaan dini, darah tinggi, dan kanker. (*/msa)