Suasaba donor darah di Kundur Barat., pagi tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Kegiatan sosial donor darah yang ditaja Relawan Donor Darah Karimun (RDDK) masih menarik warga mengikutinya. Seperti, Minggu (10/1/2021) pagi tadi, meski hujan mengguyur sejak dinihari tadi, sebanyak 43 warga di Desa Gemuruh Kundur Barat tetap antusias mendonorkan darahnya di Pasar Singkep di Desa Gemuruh tersebut.

Biasanya kami bisa lebih dari 70 kantong darah di daerah ini. Mengingat sejak pagi hujan, jadi hanya sebanyak 43 kantong darah terkumpul. Ini sudah cukup lumayan dan masih cukup bagus mengingat kondisi hujan ya? ” kata penanggungjawab kegiatan yang juga Ketua RDDK, Muliono kepada Lendoot.com, siang tadi.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari perangkat desa setempat, Desa Prayun dan Desa Gemuruh. Termasuk jugabeberapa komunitas dan pelaku usaha setempat, seperti; Riders Club Prayun, Relawan Peduli Sesama, Wen Mart, BPD, Jebon Club, dan Kangen Cendol.

Muliono mengungkapkan, kebutuhan darah saat ini masih tinggi, sementara stok darah di gudang PMI masih minim sebagaian besar masyarakat mendonorkan darahnya masih terbilang rendah.

“Untuk itu kami berharap masyarakat tidak takut mendonorkan darahnya. Lalu mendonorkan daerah itu banyak manfaatnya, buat kesehatan. Seperti cek kesehatan gratis, dapat asupan gizi, juga dapat mengurangi risiko sakit jantung, diabetes, dan kolesterol. Jadi, kapan ingin mendonor darah Anda? Kami siap membantu memfasiitasi, ”ujar Muliono.

Bagi masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darahnya tidak perlu menunggu ada kegiatan donor, sebab masyarakat bisa langsung datang ke sekretariat PMI. Kantornya kini sudah pindah dari RSUD M Sani ke gedung baru di Puskesmas Meral yang lama.

Jika ada komunitas atau kelompok masyarakat yang ingin menggelar kegiatan donor darah juga dapat menghubungi Mulino di nomor Hp 0822-8594-7775. “Nanti kami dengan PMI akan turun ke tempat kegiatan donor itu,” jelasnya. (msa)