Karimun, Lendoot.com – Warga Teluk Setimbul RT.001 RW.008 Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun menemukan proyektil berkaliber besar, Selasa (21/7/2020) sore.

Proyektil berukuran sekitar 10 × 30 cm tersebut diduga bekas peninggalan zaman jepang pada tahun 1942.

Danramil 04/Tebing, Kapten CPL E.S Nasution mengatakan, proyektil ini pertamakali ditemukan oleh warga bernama Kim Gu (50) yang tengah melakukan penggalian tanah timbunan bekas pendalaman alur laut di lokasi tersebut.

“Jadi proyektil ini ditemukan warga sekitar pukul 15.30 WIB. Saat melakukan pencangkulan, tiba-tiba cangkul milik Kim Gu mengenai benda keras seperti kuningan dengan diiringi suara seperti ban kempes,” katanya kepada, Lendoot.com.

Kemudian, setelah mendengar suara tersebut Kim Gu pun langsung menjauh dari lokasi dan melaporkan ke RW setempat, karena curiga bahwa benda tersebut bisa saja berupa bahan peledak.

“Akibat suara tersebut, Kim Gu menjauh dari lokasi, karena curiga bahwa benda tersebut bisa saja berupa bahan peledak peninggalan jaman Jepang,” jelasnya.

Sekitar pukul 18.01 Wib, RW Teluk Setimbul itu melaporkan temuan tersebut kepada Babinsa Pasir Panjang Sertu Sarmo. Tak lama kemudian, Sertu Sarmo bersama Danramil 04 Tebing Kapten CPL E.S. Nasution dan Provost Kodim 0317/TBK Kopda Semangun Tomia sampai ke lokasi.

“Sekitar pukul 18.57 WIB, Proyektil tersebut kita amankan di Makodim 0317/TBK dalam keadaan aman karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya. (rnd)