Vaksinasi Booster Dosis 2 untuk Masyarakat Umum di Karimun Dimulai Besok

Karimun, Lendoot.com – Vaksinasi Booster dosis 2 untuk masyarakat umum (18 tahun ke atas) di wilayah Karimun serentak dilaksanakan Rabu (25/1/2023) besok.

Pelaksanaan vaksinasi booster dosis 2 itu sesuai debgan Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum yang dikeluarkan pada Jum’at (20/1/2023) kemarin.

Sama seperti program vaksin Covid-19 sebelumnya, vaksin Covid-19 booster 2 untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas ini berlangsung gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, masyarakat umum atau berusia 18 tahun ke atas sudah bisa melakukan vaksin booster dosis 2 serentak 25 Januari 2023.

“Besok, sudah bisa melakukan vaksin dosis 2, gratis. Masyarakat bisa langsung datang ke Puskesmas di masing- masing Kecamatan untuk mendapatkannya,” kata Rachmadi dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Ia mengatakan, vaksinasi booster dosis 2 akan menggunakan jenis vaksin pfizer. Sebanyak 200 vial vaksin telah disiapkan untuk masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi.

“Hari ini baru datang 200 vial, atau untuk 2.400 dosis. Ini disiapkan untuk vaksinasi dosis 2 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rachmadi mengatakan, sebelum masyarakat umum, vaksinasi booster dosis 2 telah lebih dulu diberikan kepada Tenaga Kesehatan dan Lansia di Karimun.

Namun, untuk kategori lansia, Menurut Rachmadi capaian vaksinasi masih rendah. Sehingga pihaknya terus mendorong agar pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dapat ditingkatkan.

“Jangkauan untuk lansia ini memang sulit, berbeda dengan masyarakat umum. Dan kami juga berharap ketersediaan vaksin ini kosong, jangan ditengah- tengah masyarakat semangat, tetapi stoknya kosong,” katanya.

Rachmadi menyebutkan, vaksinasi booster dosis 3 ini diharapkan dapat memperkuat imunitas masyarakat terhadap virus Covid-19. Terbukti, tingginya pencapaian vaksinasi berdampak terhadap turunnya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karimun.

“Tujuan vaksinasi dosis 3 ini untuk menciptakan imunitas yang merata di tengah- tengah masyarakat. Haarapa kita, dapat memperkecil penyebaran Covid-19, dimana jika suatu daerah imunitas sudah terbentuk, maka orang yang belum divaksin juga akan terlindungi,” kata Rachmadi.

(*)