Penyaluran zakat beberapa waktu lalu. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun menargetkan bantu bedah rumah 15 warga tidak mampu di wilayah Karimun.

Ketua Baznas Karimun Nasrial mengatakan, bantuan berupa bedah rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu masih tetap berlanjut di tahun 2021.

“Dalam RKT (Rencana Kerja Tahunan) tahun ini tetap kita programkan. Targetnya, ada 15 rumah kita bantu,” kata Nasrial.

Ia mengatakan, pemberian bantuan bedah rumah itu diberikan sesuai dengan usulan proposal yang diajukan masyarakat.

“Jadi harus ada usulan dulu, kemudian akan dilakukan verifikasi serta survey dan apabila layak dan memang berhak menerima, maka akan kita berikan bantuan,” katanya.

Kategori bantuan kata Nasrial, itu berdasarkan hasil survey di lapangan, bantuan tersebut bisa berupa pembangunan total atau pun bisa berupa perbaikan.

“Tergantung hasil di lapangan, ada yang kita bantu bangun secara keseluruhan, dan juga lakukan rehap. Untuk anggarannya, apabila keseluruhan dibantu Rp30 juta, sementara untuk rehab ada yang Rp15 juta atau pun Rp 20 juta, tergantung ke rusakannya,” kata Nasrial.

Untuk anggaran bedah rumah itu, Nasrial mengatakan, akan menggunakan anggaran dari zakat harta yang dikumpulkan oleh Baznas Karimun.

“Tergantung dengan anggaran zakat kita juga, apabila mencukupi maka bisa kita bantu,”katanya.

Ia berharap, pengumpulan zakat dapat terus meningkat setiap tahunnya, sehingga bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi zakat yang kita terima itu sampai kepada masyarakat tidak mampu. Semakin banyak orang yang berzakat, maka semakin banyak yang kita salurkan,” katanya.(rko)