Kapolres AKBP Muhd Adenan usai mempimpin Pers Realease di Mapolres Karimun, Senin (8/2/2021).

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 17 orang diamankan Satuan Reserse dan Narkoba Polres Karimun sepanjang Januari 2021. Belasan orang itu diringkus, atas kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika di wilayah Kabupaten Karimun.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, sebanyak 17 orang tersangka itu diamankan dalam 10 pengungkapan kasus selama Januari 2021.

Dari tangan para tersangka, pihaknya menyita sebanyak 87,16 gram sabu- sabu, Ganja sebanyak 6 gram, ektasi 7,5 gram dan Happy Five sebanyak 5.967 butir.

“Ada 17 orang tersangka dengan barang bukti berupa sabu, ganja, ekstasi dan pil happy five. Tersangka ininkita amankan di beberapa lokasi berbeda di Karimun,” kata Adenan usai pimpin Pers Realease di Mapolres Karimun, Senin (8/2/2021).

Adenan mengatakan, dari barang bukti yang telah diamankan Polres Karimun, setidaknya 18.000 jiwa berhasil diselamatkan dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Dari barang bukti, estimasinya telah menyelamatkan kurang lebih 18.000 jiwa,” ucap Adenan.

Ia mengungkapkan, barang bukti narkoba yang diamankan Polres Karimun tersebut, diketahui berasal dari Negara Malaysia.

“Dugaan kita jaringannya sama. Ini barang-barang dari Malaysia,” katanya.

Kapolres Karimun menyebutkan, barang bukti berupa narkoba itu diketahui akan diedarkan di wilayah Kabupaten Karimun.

“Diduga dareahnya dibagi, ini untuk bagian di Karimun. Dari para tersangka ini, ada yang sebagai pengedar dan juga pemakai,” katanya.

Terhadap para tersangka, polisi kenakan pasal 112 dan 114 Undang- undang narkotika dengan ancaman paling lama 20 tahun penjara.(rko)