Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 17 Sanggar dari mancanegara akan menunjukkan kebolehannya di panggung Puteri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri pada tanggal 2-3 Agustus 2019 mendatang.

Kegiatan yang digelar Sanggar Seni Pelangi Budaya Studio (PBS) Karimun yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun ini akan dihadiri sanggar tari dari mancanegara yaitu, Indonesia, Malaysia dan Singapura.

“Untuk sanggar tari dari Malaysia yang ikut nanti itu ada 4 sanggar, Singapura 2 dan Indonesia ada 11 sanggar di antaranya sanggr dari Jakarta, Aceh, Tembilahan, Papua, Bengkulu, Padang, Batam dan Kabupaten Karimun,” kata Manager PBS, Fenni Rahayu saat ditemui Lendoot.com, Jumat (19/7/2019).

Fenny menjelaskan, pagelaran dengan mengusung tema ‘Pelangi Budaya Nusantara’ itu bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar sesama sanggar baik dari dalam maupun luar negeri. Kemudian juga menggali, mengembangkan serta melestarikan nilai seni budaya.

“Ini sebagai bentuk silaturahmi kita ke sesama sanggar di dalam maupun luar negeri. Selain itu juga kita ingin mengembangkan nilai seni budaya kecintaan kita akan budaya yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Budaya Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai ajang promosi destinasi wisata yang berbudaya penggerak perekonomian rakyat.

“Dengan kegiatan seperti ini sebagai ajang promosi wisata juga dalam peningkatan arus kunjungan wisatawan Nusantara dan wisatawan manca negara ke Kabupaten Karimun,” tambahnya.

Adapun 17 Sanggar mancanegara yang ikut serta dalam Pelangi Budaya Nusantara tersebut adalah, Batavia Dance Studio (Jakarta), Perkumpulan Seni (Singapura), Kirana Seni (Singapura), Lantai Mayang Sari, Majelis Kebudayaan Jelebu (Malaysia), Sanggar Bungong Kupula (Aceh Utara)

Sanggar SMA Negeri 1 Matangkuli (Aceh), Sri Gemilang (Tembilahan), Sanggar Seni Amuta Wapuri – Noken Star (Papua), Sanggar Muaro Raflesia (Bengkulu), Sanggar Seni Mutiara Minang (Kota Padang), Suluh Tingkah Kesuma Tari (Malaysia).

Pelangi Budaya Studio (Karimun), D’Seri Daksina-Citra Lestari Gunung Lambak (Malaysia), Sri Cahaya Temenggong Tari (Malaysia) Wan Sendari (Batam) Sanggar Mawar Tanjoeng (Karimun) dan Angsana Dance Community (Karimun). (riandi)