Karimun, Lendoot.com – Kepolisian Resor Karimun membentuk tim reaksi cepat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Tim tersebut diberi nama Red Eagle Fire dan beranggotakan personil dari satuan Sabhara Polres Karimun. Adapun tugas dan fungsinya ialah melakukan penanggulanagan dini dan pascakebakaran hutan serta lahan.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, penanggulangan kebakaran hutan maupun lahan menuntut pihaknya untuk bergerak cepat untuk mencegah penyebaran kebakaran.

“Untuk antisipasi Karhutla ini, kita bentuk team Red Eagle Fire dengan tindakan reaksi cepat yang pimpin oleh Kasat Sabhara,” kata Adenan, Rabu (10/3/2021).

Adenan mengatakan, tim itu jjga nantinya akan melakukan pendinginan terhadap hutan dan lahan yang terbakar, hingga kondisinya padam secara keseluruhan.

“Seperti lahan gambut, itu kita antisipasi hingga padam. Karena susah untuk dipadamkan,” katanya.

Adenan, untuk mendukung dalam melaksanakan tugas, Red Eagle dilengkapi dengan mobil patroli yang telah dimodifikasi, yaitu diberi tangki air. Selain itu, water cannon juga turut diturunkan untuk melakukan pemadaman.

“Tim akan melihat atau memantau dari setelit, jika ada titik api. Karena mobil-mobil ini bisa bergerak cepat dan masuk ke lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh Damkar,” ujar Adenan.
(rko)