Dua Paslon sama-saka saling klaim kemenangan. (foto KMG/kabarbatam.com)

<span;>Pilkada Karimun 2020 Rasa Pilpres 2019! Dua Paslon Saling Klaim Menang

<span;>Karimun, Lendoot.com – Perolehan suara masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun berjalan seru. Dua kandidat Pasangan Calon Bupati Karimun Aunur Rafiq- Anwar Hasyim dan Iskandarsyah- Anwar Abubakar sama-sama saling klaim kemenangan.

<span;>Layaknya Pemilihan Presiden 2019 lalu, dua Paslon sama-sama mengundang wartawan untuk konferensi pers terkait kemenangannya versi masing-masing.

<span;>Belum mencapai setengah suara yang direkap KPU dari KPPS, dua Paslon telah mengklaim bahwa unggul perolehan suara dari lawannya.

<span;>Rabu (9/12/2020), diawali klaim kemenangan Pasangan Iskandarsyah -Anwar Abubakar sekira pukul 22.00 WIB di sekretariat PKS di Kolong. Paslon 02 ini menyatakan perolehan suara yang berhasil dihimpun timnya sebanyak 56.340. Jumlah tersebut jauh lebih besar 1.332 suara dibanding pasangan petahana yang mendapat 55.008 suara.

<span;>Menurut Iskandar, data tersebut diterimanya berdasarkan perhitungan manual Tim IT Koalisi Bersinar melalui salinan langsung C.

<span;>”Dalam hitungan kami total 56.340 suara Bersinar. Sedangkan, 55.008 suara untuk ARAH. Ini kemenangan yang tipis dengan selisih 1.332 suara. Bagi kita berapa pun yang penting menang,” ucap Iskandarsyah disambut teriakan ratusan simpatisannya.

<span;>Calon Bupati dengan Jargon bersinar itu menyatakan menang di 6 Kecamatan di Kabupaten Karimun di antaranya Kecamatan Karimun, Kecamatan Tebing, Kecamatan Meral, Kecamatan Meral Barat, Kecamatan Moro dan Kecamatan Ungar.

<span;>”Kami yakin data kami tidak jauh berbeda dengan hasil pleno KPU nantinya. Intinya kita menang di enam kecamatan Karimun, Tebing, Meral, Meral barat, Moro dan Ungar,” katanya.

<span;>Pernyataan unggul perolehan suara juga dilakukan Pasangan Petahana Aunur Rafiq- Anwar Hasyim. Setelah melakukan perhitungan cepat dan menganalisis data C1 yang masuk ke timnya, Paslon dengan Jargon ARAH juga menyatakan kemenangannya, atau unggul dari kubu lawan.

<span;>Ketua Tim Pemenangan Koalisi ARAH Muhammad Yusuf Sirat menyatakan, suara sah yang dihitung oleh pihaknya sebanyak 109.116 suara. Untuk perolehan paslon ARAH sebesar 55.456 suara dan paslon BERSINAR 53.660 suara.

<span;>”Selisih peraihan suara sebanyak 1.796 suara. Dengan perentasi 50,8 persen untuk Arah dan 49,2 persen untuk bersinar,” kata Yusuf sirat, Kamis (10/12/2020) sekira pukul 00.15 Wib.

<span;>Yusuf mengatakan, sedikit terlambatnya menyampaikan perolehan suara kepada publik disebabkan harus menunggu seluruh form C1.

<span;>”Kita datangkan dari seluruh TPS di Karimun. Terakhir datang C1 Desa Tulang pukul 22.00 WIB. Kita tidak mau terburu-buru. Ini fakta yang kita lakukan,” ujarnya.

<span;>”Telepas paslon sebelah mengklaim kemenangan berapa. Kita hitung dengan teknis dan tim kalkulasi sebanyak 12 orang dan 12 komputer. Satu komputer untuk satu kecamatan. Ini kita lakukan berulang-ulang dan kita cek,” tambah Yusuf.

<span;>Hal senada disampaikan Aunur Rafiq. Dalam kesempatan itu, Rafiq mengatakan pihaknya tidak ingin gegabah dalam melaksanakan perhitungan perolehan suara.

<span;>”Kami menunggu C1 dari seluruh TPS. Baru malam ini keseluruhan data tersebut dapat diinput dan kami umumkan. Kami tidak mau gegabah dan mengklaim jika data yang masuk belum 100 persen,” kata Rafiq.

<span;>Bupati Petahana itu mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim koalisi, relawan serta pihak-pihak yang telah mendukung Arah.

<span;>”Kami menyatakan Alhamdulillah. Perjuangan yang berat dan panjang ini. Allah masih memberikan amanah untuk kami kembali memimpin Kabupaten Karimun,” kata Rafiq.

<span;>Selain itu, Rafiq juga berpesan untuk tetap menghormati tahapan perhitungan di KPU selesai dilakukan dan diumumkan hasil resmi.

<span;>”Kami meminta kepada pendukung dan tim relawan serta tim koalisi untuk merayakan kemenangan dengan tawaduk. Ini hasil dukungan dan kerja keras kita bersama.

Paslon Arah mengklaim kemenangan di sejumlah kecamatan, yaitu Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Durai, Belat dan Buru. Sedangkan di kecamatan lain perolehan suara tidak terlalu jauh berbeda.

Sementara itu, perolehan suara kedua pasangan calon saat ini masih dalam tahapan perhitungan cepat oleh KPU Karimun melalui Aplikasi Sirekap.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara suara masuk di data KPU Karimun baru berjumlah 43,42 persen atau 241 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 555 TPS di Karimun.

Dalam perhitungan sementara KPU, ARAH unggul dengan perolehan suara 51,7 persen dan BERSINAR dengan perolehan suara 48,3 persen.  (rko)