ular yang berhasil diamakan petugas Damkar Karimun, pagi tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Warga penghuni Panti Asuhan Kristen di Tanjungbalai Karimun, Jumat (8/12/2021) pagi, geger. Seorang penghuni melihat seekor ular masuk ke satu rumah yang letaknya bersebelahan dengan Makolanal Tbk itu.

Mendapati hal tersebut, warga berinisiatif menghubungi Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Karimun. Dalam hitungan menit, anggota Damkar tiba lokasi, karena memang tak jauh dari markas Damkar. Anggota Damkar langsung melakukan pencarian.

Di dalam sudut sebuah kamar, ular jenis sanca atau piton, warga Karimun kerap menyebutnya sebagai ular sawah, ditemukan. Panjangnya sekitar empat meter dengan bobot sekitar 30 kilogram.

“Kejadiannya sekitar pukul 07.00 WIB tadi, setelah mendapat laporan warga. Ular berhasil ditangkap anggota kita dan dibawa ke markas,” ujar Rahmadi, Kepala Seksi Damkar Karimun kepada lendoot.com, siang tadi.

Selama 2020, kata Rahmadi, anggota Damkar sudah menangkap empat ekor ular yang masuk ke pemukiman warga. “Untuk itu kita imbau warga berhati-hati dan waspada. Jika mendapati ular seperti ini, hubungi kami. Kami siap membantu 24 jam,” jelasnya.

Ular jenis piton saat ini sering ditemukan di perumahan-perumahan warga. Seorang warga mengatakan terjadi karena habitatnya terganggu. Tingginya perumahan membuat habitat atau tempat ular hidup terganggu. (msa)