Karimun, Lendoot.com – Kepolisian Resor Karimun mengungkap penyebab kebakaran Gedung E Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Karimun yang terjadi pada 6 Januari 2021 lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Laboratorium Forensik Polda Riau dipastikan kebakaran yang menghanguskan gedung pemerintahan itu disebabkan oleh konsleting listrik.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, hasil penyelidikan dari olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) ditemukan adanya hubungan arus pendek yang terjadi sebelum kebakaran terjadi.

“Penyebabnya dikarenakan hubungan konsleting listrik. Sehinga menyebabkan partisi di ruangan terbakar,” kata Adenan, Senin (8/2/2021).

Adenan mengungkapkan, api tersebut pertama kali berasal dari ruangan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Karimun.

“Dugaan kuat dari alat pendingin atau Ac di ruang PMD. Kita telah lakukan pengecekkan terhadap kabel- kabel disana dan sumbernya dari sana,” katanya.

Adenan mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada unsur kesengajaan dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu (6/1/2021) itu.

Menurutnya meskipun petugas yang seharusnya menjaga gedung tidak berada di lokasi pada saat kejadian, hal tersebut bukanlah suatu kelalaian yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Tidak ada unsur kesengajaan. Ada Satpol PP yang menjaga. Ada sedikit keteledoran dari mereka. Mereka kurang tanggungjawab menjaga gedung. Dari 2 orang yang jaga, 1 sakit dan 1 sudah pulang duluan. Tapi tidak bisa dipidana. Kecuali mereka yang membakar,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gedung E Pemkab Karimun dikabarkan terbakar, pada Rabu (6/1/2021). Gedung itu dihuni sebanyak 5 OPD Kabupaten Karimun, antara lain Kesbangpol, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk, KB, PPPA), Dinas Pertanian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta Badan Pengembangan Desa Terpadu.

Akibat kebakaran ini pelayanan publik tidak dapat terlaksana. Para pegawai kelima OPD tidak dapat bekerja sementara waktu (rko)