Karimun, Lendoot.com – Dalam pelaksanaan fase new normal, aparat pengamanan di Karimun akan mengedepankan imbauan.

Tidak seperti sebelumnya, pengawasan terhadap masyarakat yang berkerumunan sangat diperketat dengan melakukan pembubaran. Kini, aparat kepolisian hanya menekankan imbauan terkait protokol di fase new normal

Kabag Ops Polres Karimun AKP Lulik Febyantara mengatakan, saat ini dalam pelaksanaan new normal pihaknya lebih mengedepankan imbauan kepada publik.

“Kalau dulu kita membubarkan. Kalau sekarang lebih ke imbauan,” kata Kabag Ops Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara, Senin (1/6/2020).

Lulik mengatakan, dalam pelaksanaan pengawasan menurutnya pihak Satpol PP akan lebih berperan. Akan tetapi TNI-Polri tetap bersiaga apabila ada kendala atau permasalahan.

“Terdepan tetap Satpol PP. Ketika ada masalah seperti masyarakat tidak mau diingatkan baru TNI Polri bantu,” katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya tetap membuat SOP untuk patroli ditempat-tempat keramaian.

“Kita sudah tentukan personel-personel yang nanti akan melakukan imbauan. Kita lebih pada pendisiplinan masyarakat. Seperti imbauan menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan. Kita juga tidak ada apel. Kita langsung penggelaran pasukan, tidak gelar pasukan. Seperti tadi malam sudah patroli juga,” katanya.

Lulik mengatakan, pihaknya terus mendukung kebijakan Pemerintah. Selain itu kondisi Covid-19 di Karimun saat ini menurun.

“Apabila jika pada saat new normal terjadi kenaikan, maka kebijakan baru lain mungkin akan dikeluarkan,” ujarnya. (rk)