Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi saat diwawancarai belum lama ini
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi saat diwawancarai belum lama ini (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Virus atau COVID- 19 di RSUD Muhammad Sani yang meninggal dunia, Selasa (24/3/2020).

“Kita masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel pasien tersebut. Pasien itu berstatus PDP,” kata Rachmadi.

Ia mengatakan, PDP Corona yang meninggal dunia itu masih berusia kisaran 50-60 tahun. Dan saat ini telah dikembalikan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

“Proses pemandian dan pengkafanan jenazah pasien suspect Corona itu ditangani seluruhnya oleh tenaga kesehatan di RSUD Muhammad Sani. Keluarga tinggal kebumikan saja,” katanya.

Rachmadi mengatakan, pasien suspect corona tersebut dirawat sejak Rabu (18/3/2020) di RSUD Muhammad Sani, Karimun.

Pasien tersebut berstatus suspect Corona setelah tim dokter RSUD Muhammad Sani Karimun melihat gejala mirip Corona, seperti demam, batuk, pilek disertai sesak nafas yang kuat.

“Sesak nafasnya kuat memang, itu salah satu alasan kenapa kita masukkan ke dalam pasien dalam pengawasan (Corona). Pneumonia-nya ada, bahkan saat meninggal masih ada,” kata Rachmadi.

Selain itu, Rachmadi mengatakan, pasien tersebut juga diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Singapura dan kembali ke Indonesia pada 20 Februari 2020 atau saat wabah Corona merebak di negeri jiran Indonesia itu.

“Pasien baru kembali ke Karimun pada 20 Febuari lalu,”katanya. (rk)