Aunur Rafiq dalam kampanyenya, Rabu (2/10/2020) kemarin.

Karimun, Lendoot.com – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq- Anwar Hasyim akan membantu memulihkan pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Karimun yang lesu akibat terdampak Pandemi COVID-19.

Paslon dengan jargon ARAH itu telah mempersiapkan sejumlah cara agar dapat memulihkan kembali pertumbuhan ekonomi di Karimun, salah satunya dengan membuka lapangan kerja dengan tenaga kerja profesional.

Aunur Rafiq mengatakan, lapangan kerja memerlukan tenaga kerja profesional yang siap pakai. Untuk mempersiapkan itu, maka dibutuhkannpelatihan-pelatihan bagi tenaga kerja tempatan.

“Jadi, kalau hanya membuka, membuka, membuka saja, sementara tenaga kerja tidak kita siapkan, siapa yang akan bekerja diperusahaan itu? Sudah pasti orang luarkan, dan kita jadi penonton di negeri sendiri,” kata Rafiq dalam kampanyenya, Rabu (2/10/2020) kemarin.

Menurutnya, anak tempatan harus menjadi tuan di negeri sendiri, sehingga roda perekonomian dapat dipulihkan oleh anak tempatan.

“Target kita 3000 orang untuk mengikuti pelatihan tenaga kerja profesuonal dan bersertifikat. Saat ini hanya ada 2000 tenaga kerja yang telah terdaftar di Disnaker,” katanya.

Selain itu, lanjut Rafiq dengan kondisi saat ini juga berdampak pada pekerja yang berasa di luar negeri. Ribuan tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan pulang kampung dan tidak memiliki pekerjaan.

Namun, ada juga sebagian yang membuka usaha UMKM dan berjualan untuk menyambung hidup ditengah Covid-19.

“Sodara-sodara kita yang pulang dari luar negeri, ribuan. Sekarang ada yang tidak bekerja, ada yang berjualan di Coastal,” kata Rafiq.

Pelatihan pelaku usaha juga akan menjadi langkah dalam memulihkan pertumbuhan ekonomi. Karena, dengan adanya pelatihan dan dapat sertifikat, makan pelaku usaha juga akan bisa terbantu dengan program bantuan pemerintah dan lainnya seperti modal usaha dari bank.

“Kita daftarkan mereka di notaris, sehingga program-program penguatan modal dapat kita berikan. Kalau tanpa akte pendirian ini, kita tidak mungkin salurkan bantuan pemerintah, baik daerah maupun bantuan pemerintah pusat, dan bekerjasama dengan bank,” ucap Rafiq.

Sehingga, Rafiq juga berharap dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama untuk memperbaiki perekomian Kabupaten Karimun. (rck)