Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan piala bergilir juara umum kepada Camat Moro, Rina pada malam penutupan MTQ Kabupaten Karimun ke XI, di Coastal Area, Sabtu malam (30/3/2019).
Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan piala bergilir juara umum kepada Camat Moro, Rina pada malam penutupan MTQ Kabupaten Karimun ke XI, di Coastal Area, Sabtu malam (30/3/2019).

Karimun, Lendoot.com – Kecamatan Moro berhasil  keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Kabupaten Karimun. Dengan begitu, Moro berhak membawa pulang piala bergilir yang diserahkan Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sabtu malam (30/3/2019).

Bertengger di posisi kedua adalah Kecamatan Meral, disusul Kecamatan Meral Barat sebagai juara III. Kemudian untuk juara pawai ta’aruf dimenangkan oleh Kecamatan Meral, juara II diraih Kecamatan Karimun dan juara III diraih Kecamatan Durai. Untuk juara pameran I dan stand bazar adalah Kecamatan Karimun, juara II Kecamatan Meral dan juara III Kecamatan Tebing.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam kesempatan itu mengatakan, para qori dan qoriah terbaik dari hasil perhelatan MTQ Kabupaten Karimun akan disaring lagi, dengan cara diikutkan dalam pembinaan atau TC. Lalu akan diseleksi untuk mewakili kafilah Kabupaten Karimun pada MTQ Provinsi Kepri yang akan berlangsung di Kabupaten Bintan akhir April ini.

“Pelaksanaan MTQ Kabupaten Karimun ini menjadi tolok ukur kita dalam menilai keberhasilan mengimplementasikan nilai-nilai Al-Quran. Sehingga perlu dilakukan kajian di lingkungan masyarakat agar tetap menjadi generasi yang qurani,” kata Rafiq.

Rafiq menambahkan pelaksanaan MTQ disegala tingkatan mulai dari Kelurahan dan Desa, Kecamatan serta Kabupaten hendaknya tidak hanya disikapi sebagai rutinitas seremonial saja, tapi harus dijadikan momentum strategis dalam pelaksanaan pembangunan.

“MTQ juga harus dapat dijadikan sebagai ajang penyatu umat, sehingga terjalin rasa persaudaraan antara sesama. Apa lagi dalam waktu dekat kita akan menyongsong pesta demokrasi pada 17 April mendatang, maka ini lah saatnya kita bersatu padu, menjaga situasi Kabupaten Karimun yang tetap kondusif ini,” pesan Rafiq.(trirahardi)