Karimun, Lendoot.com – Akibat kondisi cuaca buruk, Kapal KM. Bintang Abadi jenis Kargo mengalami laka laut di perairan Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Selasa (25/2/2020) sekira pukul 05.30 WIB.

Kapal tersebut memuat 1.800 sak semen dari Pulau Batam tujuan Pulau Burung Sei Guntung Kabupaten Inhil Provinsi Riau.

Sesampai di perairan Kecamatan Durai, kapal mengalami oleng karena obak yang cukup kencang sehingga kapal menabrak karang dan mengalami kebocoran bagian dalam kapal.

Dalam laka laut ini, kapal yang di nahkodai Nurdin dan 6 ABK yakni, A. Rahman, Sadan, Sahrul, Rahman dan Sulianto selamat setelah berenang dan mencari pulau terdekat.

Kemudian, salah satu ABK kapal bernama Sadan menelpon rekannya yang kerja di Gudang Karet Tg. Batu Pulau Kundur untuk minta bantuan.

Selanjutnya nahkoda beserta 6 ABK tersebut berhasil dievakuasi dengan menggunakan perahu nelayan yang pada saat itu melintas di perairan tersebut untuk di bawa ke pulau terdekat di pulau Durai.

Sekitar pukul 07.40 WIB, rekan Sadan yang ditelponnya sebelumnya bernama Reman mendatangi lokasi dengan menggunakan speed boat dan membawa seluruh ABK KM. Bintang Abadi di evakuasi ke Tanjung Batu Pulau Kundur.

Dalam Laka laut ini tidak ada korban jiwa. Namun, kapal beserta muatan semen sebanyak 1.800 sak itu tenggelam. Saat ini seluruh ABK berada di Gudag karet Tg. Batu Kundur Kabupaten Karimun dan akan kembali ke Batam. (rnd)