Jumlah Penumpang Bandara RHF Tanjung Pinang Tak Terdampak Liburan Akhir Tahun dan Hari Besar Keagamaan

Suasana Bandara RHF Tanjung Pinang. (foto genpi)

Tanjung Pinang, Lendoot.com – Libur akhir tahun yang diikuti dengan libur Hari Raya Imlek tahun ini, tidak berpengaruh secara signifikan atas penggunaan alat transportasi udara di Tanjung Pinang.

General Manager Angkasa Pura Bandara Raja Haji Fisabilillah, Muhammad Faisal menyebut, jumlah penumpang dari Tanjung Pinang menuju Jakarta atau sebaliknya, masih terbilang normal, meski ada sedikit kenaikan da pada hari-hari tertentu.

“Masih normal saja, saat hari-hari besar keagaman, saat liburan akhir tahun, termasuk Sabtu dan Minggu,” katanya Faisal seperti dikutip dari sijoritoday, Rabu (25/1/2023).

Faisal mengatakan jumlah penumpang di Bandara RHF hanya mencapai 500 sampai 700 penumpang saja per harinya, baik yang datang maupun yang berangkat.

Untuk meningkatkan jumlah penumpang ke kondisi normal layaknya sebelum masa pandemi COVID-19, pada tahun 2020 hingga 2021 dilakukan. Salah satunya, pihaknya akan memberikan kenyamanan kepada penumpang dengan mengupayakan penambahan armada.

Hal ini, katanya, dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan dinas pariwisata terkait seperti menyesuaikan kalender event pariwisata dan lainnya.

“Kita nantinya akan mencocokan kalender of event Dispar baik provinsi maupun kota, dan dengan adanya event menjadi salah satu daya tarik adanya peningkatan jumlah penumpang,” pungkasnya.

Sebagai perbandingan, jumlah penumpang pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai dari 19 Desember hingga 3 Januari tahun 2019 mencapai 14.868 penumpang, sedangkan tahun 2021 berjumlah 5.880 penumpang, dan tahun 2022 berkisar 9.018 penumpang. (*/hel)