Gonggong, Makanan Khas Populer kini Menjadi Ikonik Kepri

Sajian makanan khas Kepri, gonggong. (foto gonggong.id)

Ketika mendengar atau membaca kata gonggong, maka Anda akan teringat dengan nama sebuah daerah di Indonesia. Ya, nama daerah itu adalah Kepulauan Riau atau Kepri.

Mengapa demikian? Sebab Kepri yang sebagian besar terdiri dari lautan cukup banyak tersedia gonggong. Gonggong merupakan makanan khas daerah ini, yaitu sejenis siput laut yang direbus.

Bagi pecinta kuliner dengan nama gongong. Apalagi Anda yang sudah pernah travelling khususnya ke Kepri, dipastikan belum afdal jika belum mencicipi makanan khas gonggong.

Gonggong merupakan sejenis siput laut dengan ukuran sedang. Cara mengkonsumsinya mudah saja. Cukup keluarkan daging siput dari dalam cangkang menggunakan tusuk gigi, dan lebih nikmat lagi bila dicocol sambal khas Kepulauan Riau.

Makanan ini cukup dikenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Alasannya, rasanya itu menggunggah selera bahkan konon banyak yang beranggapan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Dikutip dari beberapa sumber, ada empat jenis gonggong yang bisa dikonsumsi. Ada gonggong ayam yang berukuran kecil dan berwarna hitam, ada gonggong tipis dengan cangkang putih, ada gputih dengan cangkang tebal, serta ada gonggong tebal dengan cangkang berwarna merah.

Gonggong Ada di Semua Restoran Seafood

Saking populernya dan menjadi primadona di Kepualuan Riau, makanan khas Melayu gonggong ini banyak disediakan di restoran-restoran seafood dan juga hotel di Kepri.

Gonggong memang lebih populer ada di Tanjung Pinang, sebagai Ibukot Provinsi Kepri. Hanya saja, di kabupaten-kota lain di Kepri seperti Batam, Karimun, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas juga banyak menyediakan makanan khas ini.

Bahkan saking populernya, pemerintah daerah setempat berinisiatif untuk membangun Tugu Gonggong. Tugu ini terletak di bibir pantai Kota Tanjung Pinang Kepri yang berhadapan langsung dengan laut Laman Boenda.

Selain dibuatkan tugu, gonggong yang ikonik itu juga dibuat sebagai motif batik.  Batik gonggong ini memiliki motif tambahan gonggong sebagai ikonik Kepri.  

Nah bagi Anda pecinta kuliner, tunggu apalagi, jom cari restoran seafood dan  segera pesan gonggong dengan sambalnya yang mantap itu.! (*/muhammadsarih)