Gelombang Pasang Air Laut Terjang Pemukiman Warga Pamak Laut, Bangunan Gudang hingga WC Umum Rubuh

Karimun, Lendoot.com – Gelombang pasang air laut terjang pemukiman warga di kawasan RT 003 RW 001 Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Rabu (25/1/2023).

Terjangan gelombang itu bahkan sampai merubuhkan bangunan gudang, toilet umum, dan tembok penahan air di kawasan itu. Selain itu, air laut dari terjangan ombak itu sampai masuk ke sejumlah rumah warga yang berada di pesisir pantai.

Warga Pamak Laut, Wan Taufik mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekira pukul 11.00 Wib, saat itu pasang air laut cukup tinggi, ditambah dengan gelombang air laut yang kuat menerjang bagian pesisir.

“Air pasang disertai gelombang kuat, ketinggian air mencapai 1,5 meter,” kata Wan, (25/1/2023).

Ia menyebutkan, akibat terjangan ombak itu, bangunan gudang rumah warga, dua unit wc umum dan tembok penahan air rubuh.

“Ada dua bangunan wc umum di dermaga rubuh dan hanyut, selain itu juga tembok gudang rumah warga juga terdampak, bahkan air sampai masuk ke beberapa rumah warga di pesisir,” katanya.

Pasang rob disertai ombak yang kuat itu menurut warga merupakan pertama kali sejak 2020 lalu. Akibat kejadian tersebut, banyak barang- barang elektronik yang tidak sempat diselamatkan.

“Sejak 2020 ini paling dasyat, air laut sampai masuk ke rumah dan merendam barang- barang elektronik,” kata Darwis salah satu pemilik rumah yang terdampak.

Bahkan kata dia, barang- barang yang berada di gudang sampai hanyut dibawa arus dan juga tak sempat diselamatkan.

(*)