Gambar dan tulisan yang diposting ini diduga penyebab seorang warga Karimun berurusan dengan polisi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Mengaku niat bercanda, seorang warga Karimun bernama Novrizan (38), di Kabupaten Karimun ini, akhirnya berurusan dengan Polisi Polres Karimun, Jumat (10/1/2020).

Novrizan dijerat Undang-undang ITE lantaran diketahui menghina institusi kepolisian di akun media sosial facebook miliknya.

Dalam postingan akun Facebook bernama Oppie Kepri ini memosting sebuah foto yang bergambarkan anggota satuan lalulintas sedang menjalankan tugasnya dengan bacaan yang tidak senonoh.

Fostingan foto ini juga dibagikan ke sebuah group di Karimun oleh pria warga Kampung Bukit, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

Postingan tersebut memuat penghinaan dengan kalimat ”Nyari duit buat makan siang” yang terpampang di papan pemberitahuan operasi menggambarkan dua anggota Satlantas yang tengah bertugas.

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Herie Pramono mengatakan, pria tersebut ditangkap setelah tim Cyber Troops Polres Karimun melakukan patroli media sosial.

“Dia kita tangkap di rumahnya pukul 14.00 WIB, sesuai dengan pelaksanaan hasil patroli tim cyber troops Polres Karimun pada akun FB Oppin Kepri yang diketahui miliknya,” ujarnya.

Untuk mengetahui motif pria tersebut memuat penghinaan itu, polisi masih mendalaminya.

“Kita juga tidak tau motif dia memposting gambar itu, kita masih dalami. Penyelidikan kita dia memang sering membuat postingan seperti itu. Untuk postingan ini dia dari Warnet tadi pagi jam 08.30 WIB,” jelas Herie

Sementara itu, saat ditanya oleh awak media, pelaku ini berniat bercanda dan tidak menyangka akan berurusan dengan hukum akibat postingannya tersebut.

“Awalnya hanya untuk becanda, tidak ada maksud buat menghina,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pria tersebut dijerat dengan Pasal 207 KUHP junto pasal 45 ayat 2 UU ITE dengan ancaman 1 tahun 6 bulan penjara. (riandi)