Karimun, Lendoot.com – KPU Kabupaten Karimun memberikan batas waktu penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) bagi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun, Jumat (25/9/2020) kemarin.

Dari data KPU, masing-masing Pasangan Calon telah menyerahkan LADK kepada KPU Karimun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pada Jumat sore.

Berdasarkan laporan itu, Paslon Nomor Urut 1 Aunur- Hasyim melaporkan LPDK sebesar Rp 50 juta dan Paslon Nomor Urut 2 Iskandarsyah- Anwar sebesar Rp 25 juta.

“Sudah kita terima kemarin sore. LADK yang telah diserahkan untuk nomor 1 itu Rp 50 Juta dan nomor 2 Rp 25 juta,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko.

Ia mengatakan, Selain LADK, tahapan selanjutnya masing-masing paslon juga harus menyampaikan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK).

“Laporan ini terakhir harus disampaikan pada tanggal 31 Oktober 2020,” katanya.

Menurutnya, LPSDK merupakan laporan yang mengatur soal penerimaan sumbangan dana kampanye. Dan terakhir yakni laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) yang harus diserahkan 1 hari berakhirnya masa kampanye pada tgl 6 Desember nanti.

“Ini bertahap. Untuk yang kita terima saat ini baru laporan awalnya saja, nanti ada LPSDK dan terakhir LPPDK,” katanya.

Eko mengatakan, hari ini secara resmi masa kampanye telah dimulai dan akan berlangsung selama 71 hari kedepan.

Lanjut Eko, untuk masing- masing calon sendiri, telah menyampaikan persyaratan wajib yang harus dilakukan antara lain untuk Petahana Surat Cuti selama masa kampanye, dan untuk Calon lawan Petahana yang merupakan legislator harus menyerahkan surat bukti telah mengajukan pengunduran diri sebagai wakil rakyat.

“Sudah kita terima persyaratan tersebut. Jadi saat ini mereka tidak ada yang bisa melakukan kampanye dengan fasilitas negara,” katanya. (rk)