Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun telah menyusun agenda rutin untuk seluruh pegawai di lingkungan komplek perkantoran Pemkab Karimun, yang akan dilaksanakan selama masa dinas dibulan puasa Ramadan ini.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, agenda rutin selama ramadhan antara lain Salat Zuhur berjamaah yang dipusatkan di gedung serbaguna Kantor Bupati.

“Sebelum masuknya waktu sholat, para pegawai terlebih dahulu akan mendengarkan tausiyah. Kemudian akan dilakukan kegiatan rutin infaq Rp1000 bagi seluruh pegawai dan seluruh kantor dinas, badan dan bagian,” jelas Rafiq, Senin (6/5/2019).

Sedangkan jam kerja para pegawai terjadi pengurangan selama ramadhan. Jika hari biasa masuk dinas pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB, maka saat Ramadan masuk dinas pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB.

“Tidak diberlakukan apel pagi ataupun apel sore menjelang pulang dinas, tapi absensi menggunakan finger print atau sidik jari tetap diberlakukan. Agar semuanya tertib,” kata Rafiq lagi.

Bagi pegawai yang kedapatan melanggar, dia pun telah menyediakan sanksi dan aturan kedisiplinan pegawai tetap diberlakukan. Oleh karena itu Rafiq meminta agar puasa Ramadan tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan.

“Jangan jadikan puasa Ramadan buat bermalas-malasan, justru di bulan puasa ini lah kita harus lebih semangat bekerja. Karena Ramadan melatih kita untuk disiplin,” tutup Rafiq.(trirahardi)