Karimun, Lendoot.com – Saat akan mengamankan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) illegal di perairan Karimun, Lanal Tanjungbalai Karimun malah menemukan narkoba di dalam speedboat yang membawa 11 TKI tersebut, Kamis (4/7/3019) malam lalu.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan, penangkapan TKI illegal itu bermula dari informasi adanya speedboat  yang mencurigakan menuju Pulau Asam Kabupaten Karimun.

“Setelah mendapat informasi, kita mendeteksi speed pembawa 11 TKI.  Kita langsung mengerahkan tim Patroli Posal Takong Hiu untuk melakukan identifikasi di wilayah perairan tersebut,” kata Catur, Jumat (5/7/2019).

Setelah berhasil dicegat, petugas menemukan dua orang anak dan 11 TKI illegal di dalam speedboat tersebut. Ada juga satu orang nakhoda bernama AS, dan satu anak buah kapal (ABK).

“Saat dilakukan penggeledahan, kita malah menemukan narkoba di dalam kotak rokok, berisikan satu paket shabu. Serta dua paket daun ganja kering,” jelas Catur.

Catur belum memberikan keterangan resminya terkait berat dua jenis narkoba tersebut. Hingga saat ini, kata Catur, seluruh TKI berikut barang bukti berupa satu unit speedboat dan narkoba masih diamankan di Lanal Tanjungbalai Karimun. (trirahardi)