Suasana belajar mengajar pada awal masuk sekolah masa Covid-19, beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun menunggu hasil resmi penentuan zona dari Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk membuka kembali sekolah- sekolah di dua Kecamatan Zona Kuning, Kundur dan Belat.

Seperti diketahui, sejauh ini baru 298 sekolah dari 6 Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun yang diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Sementara sekolah- sekolah di Zona Kuning seperti di Kecamatan Belat dan Kecamatan Kundur serta Zona Orange di Kecamatan Karimun, Tebing, Meral dan Meral Barat masih menunggu status zona menjadi hijau.

Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Riza Kurniati mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Tim Gugus Covid-19 terkait menetapan zona. Apabila dua Kecamatan Zona kuning telah menjadi Zona hijau, maka pekan depan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan.

“Hari ini hasilnya akan keluar. Ada dua Kecamatan yang dalam peninjauan, apabila surat resminya sudah keluar dan dinyatakan zona hijau, maka Senin tatap muka sudah bisa dilaksanakan,” kata Riza, Jumat (15/1/2021).

Ia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan surat edaran apabila dua kecamatan itu telah zona hijau. Ia berharap, dua kecamatan itu ditetapkan zona hijau.

“Sampai saat ini penambahan kasus di dua zona itu nihil. Ya, harapan kita zona hijau, sehingga senin ini bisa dimulai tatap muka,” katanya.

Riza mengatakan, untuk pulau Karimun besar yang terdapat 4 kecamatan zona orange masih belum dapat dibuka untuk tatap muka.

Hal itu, karena 4 Kecamatan Zona Orange itu harus menjadi zona hijau dulu sebelum dibuka untuk tatap muka. Artinya, 4 Kecamatan Zona orange itu harus masuk ke zona kuning dulu dan terakhir zona hijau.

“Masih jauh untuk dibuka. Tetapi, harapan kita inincepat berlalu, agar Karimun bisa membuka sekolah tatap muka secara kesekuruhan,” katanya. (rko)