Karimun, Lendoot.com – Arka Alfino Syahputra, balita berusia 1 tahun 6 bulan dari pasangan suami istri Harizul Hakim dan Berta Amsriyana warga Parit Benut Kelurahan Sei Raya Kecamatan Meral tidak dapat menikmati masa kecil seperti anak- anak seusianya.

Anak pertama Harizul Hakim itu, pada usia 5 bulan telah divonis menderita kebocoran jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Akibat sakitnya itu, Arka hanya memiliki berat 6 Kilogram dan aktifitasnya terbatas, ia lebih banyak menghabiskan waktu ditempat tidur karena kerap kali sakit.

“Gejala awalnya tidak ada apa-apa, cuma berat badan anak saya tidak naik. Sekarang saja diusianya sekarang hanya 6 kilogram, tidak normal seperti anak seusianya,” kata Berta, Sabtu (17/8/2019) kemarin.

Ia menjelaskan, kondisi anaknya tersebut saat ini kerap kali mengalami demam panas. Dikhawatirkan kondisi itu akan terus memburuk apabila Arka tidak mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

“Kami sudah membawa Arka ke Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta untuk pemeriksaan awal. Kondisinya sekarang sudah harus dioperasi namun biaya yang dibutuhkan sangat besar,” katanya.

Untuk biaya operasi Arka tersebut, sebenarnya dapat ditanggung oleh Pemerintah Daerah melalui program Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan. Namun, apabila menggunakan BPJS itu, penanganan sakit diderita Arka akan membutuhkan waktu lama.

“Kita sudah pernah konsultasi bersama Kadinkes, beliau menyarankan kita pindah dari BPJS Mandiri ke BPJS yang ditanggung oleh Pemerintah. Namun, apabila menggunakan BPJS bantuan pemerintah akan membutuhkan waktu sekitar 2 tahun baru dapat dioperasi, karena aturannya seperti itu,” kata Berta.

Tidak mau mengambil resiko, Pasangan suami istri itupun memutuskan untuk berusaha membawa anaknya agar segera dioperasi, diperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan balita mungil itu sekitar Rp 250 Juta.

“Kami butuh 250 juta untuk biaya operasi Arka di Jakarta, agar bisa di operasi segera, saya takut semakin lama, semakin parah,” ujar Berta.

Kini Berta dan Ari yang hanya berasal dari keluarga sederhana hanya dapat berharap uluran tangan dermawan untuk membantu kesembuhan Arka. Bagi masyarakat yang ingin menyisihkan rezekinya untuk kesembuhan Arka, dapat menghubungi langaung orang tuanya di nomor 0823 8507 6263. (Ricky Robiansyah)