Karimun, lendoot.com – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut satu, Aunur Rafiq- Anwar Hasyim  atau dikenal dengan jargon ARAH mengklaim unggul tipis dari Paslon Iskandarsyah- Anwar Abubakar.

Pernyataan itu dikeluarkan Tim Koalisi Pemenangan ARAH usai menerima rekapan data hasil perhitungan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun.

Keunggulan oleh paslon dengan jargon ‘ARAH’ tersebut disampaikan melalui konferensi pers di rumah pribadi Cabup Aunur Rafiq, Komplek Perumahan Telaga Emas, Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun, Minggu (13/12/2020) siang.

Ketua Tim Pemenangan ARAH, Muhammad Yusuf Sirat mengatakan, hasil perolehan suara pihaknya diterima dari 12 PPK, Aunur Rafiq unggul 86 suara dari rivalnya.

“Dari hasil PPK di semua Kecamatan, dapat disampaikan kami (ARAH, red) memperoleh sebanyak 54.519 suara, sedangkan paslon Bersinar meraup total 54.433 suara. Jadi, kami unggul dengan selisih sebanyak 86 suara,” ujar Yusuf Sirat, Minggu (13/12/2020).

Ia menjabarkan, untuk total suara tidak sah berkisar 4.671 suara, dengan total jumlah suara sah 108.952 dengan total keseluruhannya 113.623 suara.

Yusuf menjelaskan bahwa pihaknya sangat teliti dalam menyampaikan keunggulannya di pesta demokrasi itu. Pasalnya, dibalik keunggulan tersebut terdapat 12 operator yang ditugaskan untuk merekap hasil pleno rekapitulasi perolehan suara di setiap Kecamatan.

“Selisih 86 suara ini berdasarkan rekap manual dari pleno PPK di 12 kecamatan sesuai dengan bukti C1 asli yang kita pegang di 555 TPS. InshaAllah ini sudah hampir 99,9 persen ke akuratannya,” ujar Yusuf.

Ia mengakui, keunggulan tipis oleh pihaknya itu menjadi hal paling fenomenal di Pilkada Karimun 2020. Ia juga berpesan untuk Tim pemenangan agar dapat mengawal kemenangan tersebut dan menjaga situasi kondusif hingga rapat pleno penghitungan perolehan suara Pilkada Serentak 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun.

“Mari kita kawal kemenangan ini hingga rapat pleno oleh KPU nanti,” kata Yusuf.

Sementara itu, Cabup Aunur Rafiq mengaku bersyukur hasil pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK menunjukkan keunggulan bagi pihaknya.

“Dari 555 TPS, alhamdulillah data yang kita peroleh tidak ada meleset, angka tipis yang kita peroleh ini patut kita syukuri bahwa masih banyak masyarakat yang ingin kita kembali memimpin Kabupaten Karimun,” ujar Aunur Rafiq disambut takbir para pendukungnya.

Kemudian, Aunur Rafiq menuturkan bahwa dirinya bersama Anwar Hasyim unggul di 6 dari 12 Kecamatan di Kabupaten Karimun.

Enam Kecamatan tersebut di antaranya Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Belat, Durai dan Buru.

“Perolehan suara terbesar kami di Kecamatan Kundur,” kata Rafiq.(rko)